Camat Sagulung Bakal Pindahkan TPS ke Kawasan Industri Sungai Punggur

Camat Sagulung Bakal Pindahkan TPS ke Kawasan Industri Sungai Punggur

Camat Sagulung, Muhammad Hafiz. (Foto: ist)

Batam, Batamnews – Camat Sagulung, Muhammad Hafiz, mengumumkan rencana untuk memindahkan lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kecamatan Sagulung ke kawasan industri di wilayah Sungai Punggur. Langkah ini diambil guna mengatasi permasalahan penumpukan sampah di TPS yang ada saat ini.

Hafiz menjelaskan bahwa penumpukan sampah di TPS-TPS Sagulung disebabkan oleh peningkatan timbunan sampah sejak Lebaran lalu. Meski Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah berupaya maksimal, tetap saja ada penumpukan di beberapa TPS resmi maupun TPS liar.

"Baik TPS resmi maupun TPS liar, kami sudah berusaha membersihkan dan mengangkut sampahnya. Namun faktor peningkatan timbulan sampah pasca-Lebaran memang membuat penumpukan tak terhindarkan," ungkap Hafiz, Sabtu, 20 April 2024.

Untuk mengantisipasi hal serupa di masa mendatang, Kecamatan Sagulung berencana memindahkan lokasi TPS jauh dari pemukiman warga ke kawasan industri Sungai Punggur.

Baca juga: Pemko Batam Gelar Forum Penataan Ruang Daerah, Bahas 33 Permohonan PKKPR

"Ini untuk menghindari gangguan terhadap estetika, keindahan, dan bau tidak sedap bagi masyarakat yang selama ini mulai dikeluhkan," imbuhnya.

Lahan untuk TPS baru masih menggunakan lahan milik kecamatan Sagulung. Perpindahan diharapkan dapat dilakukan pada minggu depan setelah persiapan lokasi selesai.

Hafiz juga mengimbau masyarakat untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya. Ia mengajak warga untuk mengaktifkan program bank sampah yang memiliki nilai ekonomi jika dikelola dengan baik.

"Kami minta masyarakat aktif membentuk bank sampah di lingkungannya masing-masing. Laporkan ke kami agar kami bisa mengkoordinasikan dengan DLH untuk mendatangkan mobil pengangkut bank sampah," ajaknya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews