PLTA Koto Panjang Buka Dua Pintu Waduk Akibat Peningkatan Debit Air

PLTA Koto Panjang Buka Dua Pintu Waduk Akibat Peningkatan Debit Air

PLTA Koto Panjang, yang terletak di Kabupaten Kampar, Riau.

Pekanbaru, Batamnews - PLTA Koto Panjang, yang terletak di Kabupaten Kampar, Riau, kembali membuka dua pintu waduk pada Rabu, 17 April 2024 pukul 11.00 WIB. Pembukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) dilakukan setelah beberapa pekan ditutup total karena debit air turun. 

Namun, hari ini, PLTA Koto Panjang melakukan pembukaan dua pintu waduk karena debit air mengalami peningkatan.

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, menjelaskan bahwa pembukaan pintu pelimpahan ini dilakukan karena naiknya debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang. 

Baca juga: Perbaikan Jalan Rusak Desa Bukit Kauman Kuansing, Akhirnya Terwujud Setelah 14 Tahun

"Kami informasikan PLTA Koto Panjang melakukan pembukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate)," kata Cecep kepada wartawan pada Rabu, 17 April 2024.

Dengan pembukaan dua pintu tersebut, tidak ada lagi pintu waduk PLTA Koto Panjang yang dibuka. Hal ini menyebabkan perkiraan air permukaan sungai naik sebesar 20-25 cm dari kondisi terakhir. 

"Ada kenaikan Elevasi Waduk 18 cm yang disebabkan oleh curah hujan kemarin malam. Untuk itu, kami melakukan pembukaan 2 pintu Spillway dengan bukaan masing-masing 30 cm," ucapnya.

Baca juga: Pembiayaan Gadai Emas Lebih Murah di BRK Syariah, Ujrahnya Hanya Rp.6.000 per Gram 

Pembukaan pintu waduk ini dilakukan setelah beberapa pekan terakhir PLTA Koto Panjang menutup keseluruhan pintu waduk. Tindakan ini diambil sebagai respons terhadap perubahan kondisi alam yang memengaruhi debit air dan elevasi waduk.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews