Patroli Keamanan Arus Balik Lebaran di Sungai Siak, Kapolda Riau Pimpin Langsung Pengecekan Speedboat

Patroli Keamanan Arus Balik Lebaran di Sungai Siak, Kapolda Riau Pimpin Langsung Pengecekan Speedboat

Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Riau mengadakan patroli keamanan khusus untuk mengawasi arus balik Lebaran 2024, yang dipimpin langsung oleh Kapolda Riau, Irjen M Iqbal. (Foto: ist)

Pekanbaru, Batamnews - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Riau mengadakan patroli keamanan khusus untuk mengawasi arus balik Lebaran 2024, yang dipimpin langsung oleh Kapolda Riau, Irjen M Iqbal. 

Patroli ini berlangsung di perairan Sungai Siak pada Senin, 15 April 2024, dengan fokus pada pengecekan keselamatan penumpang dan operasional kapal.

Dalam aksi tersebut, tim Ditpolairud berhasil mencegat sebuah speedboat, Naga Line, yang berangkat dari Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru menuju Selat Panjang. Speedboat ini diketahui membawa 103 penumpang dari total 108 kursi yang tersedia.

Baca juga: Terguling di Tol Pekanbaru-Dumai: Mitsubishi Pajero Silver Alami Kecelakaan, Tanpa Korban Jiwa

Kehadiran Kapolda Riau di tengah operasi mengejutkan para penumpang. "Kami ingin memastikan bahwa tidak ada gangguan keamanan dan keselamatan dalam lalu lintas perairan yang menjadi karakteristik wilayah hukum kami," ujar Irjen M Iqbal saat ditemui wartawan pada hari Selasa, 16 April 2024.

Irjen M Iqbal menjelaskan, intensifikasi patroli dilakukan seiring dengan peningkatan signifikan volume arus balik Lebaran tahun ini, khususnya pada transportasi air. Salah satu fokus utama adalah memastikan bahwa kapal tidak kelebihan muatan dan semua prosedur keselamatan diikuti, termasuk pengecekan manifest penumpang dan ketersediaan alat keselamatan.

"Kami mengecek langsung dan memastikan bahwa manifest penumpang sesuai, tidak ada kelebihan muatan, dan prosedur keselamatan dijalankan dengan baik. Ada lima slot kursi yang kami kosongkan secara sengaja untuk menjaga orientasi keselamatan, dan jumlah pelampung juga lebih dari cukup," tegas Kapolda.

Baca juga: Tinjauan Kebijakan Pasca Lebaran 2024: Pemerintah Provinsi Riau Wajibkan ASN Masuk 16 April

Dalam operasi ini, Kapolda Riau tidak hanya melakukan pemeriksaan tetapi juga berinteraksi langsung dengan penumpang. Beliau memberikan arahan dan menjelaskan tujuan patroli kepada penumpang, serta memberikan bingkisan snack kepada anak-anak sebagai simbol kepedulian.

"Kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) ini akan kami lanjutkan untuk memaksimalkan pengamanan arus balik dan juga pada hari-hari biasa," lanjutnya, menegaskan komitmen Polda Riau untuk menghadirkan pelayanan kepolisian yang maksimal bagi masyarakat.

Patroli yang sukses memastikan bahwa speedboat tersebut layak jalan dan sesuai dengan semua standar operasional prosedur, akhirnya memperoleh izin untuk melanjutkan perjalanan ke Selat Panjang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews