Fenomena Langit Menakjubkan Jelang Lebaran 2024: Gerhana Matahari Total hingga Komet Setan

Fenomena Langit Menakjubkan Jelang Lebaran 2024: Gerhana Matahari Total hingga Komet Setan

Ilustrasi Gerhana Matahari Total (Foto: News Week)

Jakarta, Batamnews - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, langit akan dihiasi oleh beberapa fenomena langit yang langka dan menakjubkan. Salah satunya adalah Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada Senin, 8 April 2024.

Berikut adalah daftar fenomena langit jelang Lebaran 2024 yang patut diantisipasi:

1. Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total diperkirakan akan terjadi pada 8 April 2024, masih dalam bulan Ramadhan. Fenomena ini terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, sehingga menutupi seluruh permukaan Matahari. 

Baca juga: Fenomena Langka Gerhana Matahari Total akan Terjadi pada 8 April 2024

Sayangnya, fenomena ini tidak dapat dinikmati di Indonesia, karena jalurnya melintasi wilayah Eropa Barat, Amerika Utara, Amerika Selatan, hingga Arktik. Di Amerika Serikat, gerhana ini akan membayangi wilayah dari Texas hingga Maine, dengan durasi puncak hingga 4 menit 28 detik di barat laut Torreón, Meksiko.

2. Komet Setan
Selain itu, ada 'Komet Setan', sebuah komet langka dan besar yang akan melewati Bumi untuk pertama kalinya dalam 71 tahun. Komet ini diperkirakan akan terlihat pada periode yang sama dengan Gerhana Matahari Total, yakni 8 April. 

Dengan diameter sekitar 17 kilometer, Komet Setan akan terlihat semakin terang saat bersamaan dengan gerhana. Komet ini akan mencapai perihelion pada 21 April, tetapi posisinya yang semakin jauh dari Matahari akan membuatnya kurang terlihat dibandingkan saat gerhana.

Baca juga: Usai Gerhana Gelombang Laut di Batam-Tanjungpinang Tenang, Cocok untuk Liburan di Pantai

3. Puncak Siklus Matahari
Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa (SWPC) NOAA memprediksi puncak aktivitas Solar Cycle 25, atau 'solar maksimum', akan terjadi antara Januari dan Oktober 2024. Dengan demikian, Gerhana Matahari Total pada 8 April akan terjadi mendekati titik maksimum Siklus Matahari. 

Saat Bulan menutupi seluruh piringan Matahari, atmosfer luar Matahari atau korona akan terlihat, menampilkan tonjolan Matahari berupa lingkaran plasma raksasa yang memanjang keluar dari Matahari.

Jadi, bagi Sobat Batamnews yang merupakan penggemar fenomena langit, jangan lewatkan kesempatan langka untuk menyaksikan fenomena-fenomena menakjubkan ini menjelang Lebaran 2024!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews