ASDP Batam Prediksi Peningkatan Pemudik Hingga 40 Persen di Pelabuhan Punggur

ASDP Batam Prediksi Peningkatan Pemudik Hingga 40 Persen di Pelabuhan Punggur

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam memperkirakan adanya peningkatan jumlah pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan Punggur, Batam, pada musim mudik Lebaran tahun ini hingga 40% dibandingkan tahun lalu. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam memperkirakan adanya peningkatan jumlah pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan Punggur, Batam, pada musim mudik Lebaran tahun ini hingga 40% dibandingkan tahun lalu. 

Menurut General Manager ASDP Batam, Nan Sutisna, persiapan telah dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tanpa menaikkan tarif jasa.

"Arus normal dalam sehari mencapai ribuan kendaraan per hari. Pada saat mudik, peningkatan kemungkinan akan naik 40%," ungkap Sutisna.

ASDP memprediksikan akan ada sekitar 29.459 kendaraan roda dua, 18.479 kendaraan roda empat, 50 bus, dan 1.579 truk yang akan menyeberang dari Pelabuhan Punggur selama periode mudik Lebaran tahun ini. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, ASDP telah menyiapkan tiga kapal yang akan beroperasi setiap hari untuk tujuan luar Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: ASDP Batam Akan Siapkan Hotel Jika Ada yang Tertinggal Kapal saat Mudik

"Artinya dengan tiga kapal ini sirkulasi putar terus setiap hari ada, itu salah satunya untuk mengatasi jangan sampai ada antrian panjang baik kendaraan maupun pejalan kaki," tambah Sutisna.

ASDP juga telah menyiapkan sistem pemesanan tiket secara daring (hotline) untuk tujuan Kuala Tungkal dan Paking. Sebanyak 69 personel gabungan juga telah disiapkan untuk mengamankan kelancaran arus mudik di Pelabuhan Punggur.

Sutisna menghimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi periode mudik dan arus balik nanti. "Karena memang H-3 itu ada cuti bersama, pasti akan terjadi penumpukan," pungkasnya.

Dengan persiapan yang matang, ASDP Batam berharap dapat memberikan pelayanan yang baik dan memastikan kelancaran arus mudik bagi para pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan Punggur.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews