Pekanbaru Masih Terdampak La Nina Jelang Musim Kemarau

Pekanbaru Masih Terdampak La Nina Jelang Musim Kemarau

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra. (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Kota Pekanbaru masih merasakan dampak dari fenomena La Nina, yang ditandai dengan curah hujan yang berlebihan. Meskipun memasuki musim kemarau, hujan ringan hingga sedang diprediksi masih akan terjadi di kota ini dalam beberapa pekan ke depan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra, menyatakan bahwa berdasarkan komunikasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pekanbaru akan segera memasuki musim kemarau. Namun, efek La Nina masih berlangsung sehingga hujan dengan intensitas kecil hingga sedang masih akan terjadi.

"Cuaca di Pekanbaru saat ini panas pada siang hari, namun tiba-tiba hujan menguyur deras pada malam hari," ungkap Zarman, Senin, 1 April 2024.

Baca juga: Pemprov Riau Siapkan Rp170 Miliar untuk THR ASN dan PPPK, Proses Pencairan Sudah Berjalan

Dalam menghadapi situasi ini, BPBD selalu siap siaga dan mengimbau para camat untuk juga bersiap menghadapi kemungkinan bencana. Pekanbaru sebelumnya telah melewati status Siaga Darurat Banjir pada periode 15 Desember 2023 hingga 31 Januari 2024, yang kemudian diperpanjang hingga 29 Februari 2024 karena intensitas hujan yang masih tinggi.

Pada akhir tahun 2023 hingga awal 2024, beberapa wilayah di Pekanbaru sempat dilanda banjir, diperparah oleh luapan atau pasang Sungai Siak. Akibatnya, ribuan keluarga yang tinggal di bantaran sungai terpaksa mengungsi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turun tangan untuk memberikan bantuan langsung kepada warga terdampak banjir di Pekanbaru.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews