Dishub Pekanbaru Tingkatkan Efisiensi Penerangan Jalan dengan Lampu Hemat Energi dan LED

Dishub Pekanbaru Tingkatkan Efisiensi Penerangan Jalan dengan Lampu Hemat Energi dan LED

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru sedang berupaya meningkatkan efisiensi penerangan jalan umum (PJU) dengan pengadaan bola lampu jenis Lampu Hemat Energi (LHE) dan Light Emitting Diode (LED). (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru sedang berupaya meningkatkan efisiensi penerangan jalan umum (PJU) dengan pengadaan bola lampu jenis Lampu Hemat Energi (LHE) dan Light Emitting Diode (LED).

"Kami akan membeli bola lampu LHE dan LED. Saat ini, kami sedang dalam proses pengadaan," ucap Kadishub Pekanbaru, Yuliarso.

Pengadaan lampu tersebut bertujuan untuk menggantikan lampu pijar yang masih banyak digunakan di jalan-jalan protokol dan jalan raya yang menjadi aset Pemerintah Kota Pekanbaru.

Meskipun harga lampu LED lebih tinggi dibandingkan dengan LHE, penggunaan lampu LED dinilai lebih hemat energi. 

Baca juga: Disperindag Pekanbaru Awasi SPBU Antisipasi Kecurangan Meteran

"Karena keterbatasan anggaran, kami kombinasikan penggunaan LHE yang harganya lebih murah dengan LED. Penyerapan listrik LHE tidak terlalu tinggi, sehingga tetap efisien," ungkap Yuliarso.

Dishub Pekanbaru tetap berkomitmen untuk melakukan efisiensi tarif listrik PJU. "Ada ribuan LHE yang akan kami beli dengan kapasitas 100 watt. Jadi, pergantian lampu pijar PJU masih terus kami lakukan," ujar Yuliarso.

Penggantian lampu pijar dengan LHE dan LED diharapkan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan mengurangi biaya operasional PJU. "PJU di jalan lingkungan sudah lebih tertib. Kami sudah ganti lampu LHE dan LED," sebut Yuliarso.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews