Tips Mudah Merawat Ponsel Agar Tetap Awet

Tips Mudah Merawat Ponsel Agar Tetap Awet

Cara Merawat HP Agar Awet dan Tahan Lama. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Batam, Batamnews - Sebuah studi mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia rata-rata mengganti ponsel mereka dua tahun sekali. Fenomena ini menyebabkan jutaan ponsel berakhir di tempat pembuangan sampah setiap tahunnya. 

Salah satu penyebab utama penggantian ponsel adalah kerusakan pada perangkat yang sedang digunakan. Mengingat pentingnya ponsel dalam kegiatan sehari-hari, termasuk untuk pekerjaan, pengguna perlu meminimalisir risiko kerusakan dan membuat ponsel lebih tahan lama dengan melakukan pemeliharaan yang tepat. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat ponsel Anda lebih awet, mengutip Engadget:

Baca juga: TUF Gaming A15, Pionir AI Gaming Laptop Paling Terjangkau

1. Pakai Casing

Membawa ponsel tanpa perlindungan meningkatkan risiko kerusakan. Oleh karena itu, gunakan casing handphone untuk memberikan perlindungan ekstra. Saat ini, banyak casing yang ramah lingkungan.

2. Rawat Baterai

Baterai sering kali menjadi indikator pertama usia ponsel. Hindari mengisi daya ponsel jika suhu perangkat lebih dari 95 derajat, karena ini dapat menurunkan daya tahan baterai dan menyebabkan kegagalan fungsi. Jika menyimpan ponsel untuk waktu yang lama, simpan dengan daya baterai setengah, bukan penuh atau kosong.

3. Bersihkan Storage HP

Untuk menjaga ponsel berjalan cepat, kosongkan penyimpanan dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau pesan lama. Pertimbangkan untuk mentransfer file foto dan video ke cloud, komputer, atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya. Idealnya, penyimpanan ponsel harus berada di kapasitas sekitar 80 persen.

Baca juga: Mengupas DeFi dalam Dunia Kripto: Dasar-dasar yang Perlu Diketahui

Alasan Penting Menjaga Ponsel

Limbah elektronik meningkat setiap tahun dan berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Meskipun beberapa perusahaan ponsel menawarkan program tukar tambah, proses daur ulang barang elektronik juga memiliki kekurangannya. Bergantung pada satu perangkat lebih baik daripada memilih perangkat baru, karena ini merupakan cara efisien untuk mengurangi dampak ponsel terhadap lingkungan dan menghemat uang.

Perlu diingat bahwa meskipun perusahaan ponsel sering menekankan pentingnya peningkatan versi setiap tahun, ponsel generasi baru seringkali memiliki kemiripan yang kuat dengan model tahun sebelumnya. Jadi, mempertahankan ponsel lama dan merawatnya dengan baik dapat menjadi pilihan yang bijaksana.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews