Muhammadiyah Riau Tetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah Tanggal 11 Maret 2024

Muhammadiyah Riau Tetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah Tanggal 11 Maret 2024

Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. (Foto: ist)

Pekanbaru, Batamnews - Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. 

Pengumuman ini sesuai dengan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 1/MLM/1.0/E/2024, yang juga menetapkan 1 Syawal 1445 H pada tanggal 10 April 2024.

Penetapan ini diumumkan dalam sebuah sosialisasi yang dihadiri oleh pejabat penting, termasuk Ketua PW Muhammadiyah Riau Hendri Sayuti, Rektor UMRI Saidul Amri, dan tokoh lainnya. 

Hendri Sayuti menyatakan bahwa penetapan awal Ramadhan dan Syawal menggunakan sistem hisab hakiki wujudul hilal, yang memerlukan pemenuhan tiga indikator utama.

Baca juga: Puasa 1 Ramadhan 1445 H/2024 M Menurut Pimpinan Pusat Muhammadiyah Sudah Ditetapkan

Meskipun kemungkinan akan terjadi perbedaan dalam penetapan 1 Ramadhan antara Muhammadiyah dan pemerintah, Hendri Sayuti menekankan bahwa hal tersebut tidak menjadi masalah. 

"Masyarakat muslim Indonesia sudah terbiasa dan saling menghormati perbedaan tersebut," ujarnya, Jumat, 8 Maret 2024.

Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) akan melaksanakan berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan, mengusung tema "Ramadhan Ceria Mencerahkan Semesta". 

Kegiatan ini termasuk Tarhib Ramadhan, Tarawih Berjamaah, dan lomba-lomba yang mempromosikan kreativitas dan keilmuan di lingkungan UMRI. Puncaknya adalah kegiatan Tabligh Akbar dan penyerahan santunan kepada 1.000 orang fakir miskin pada tanggal 2 April 2024, yang akan menghadirkan Ustadz Abdul Somad sebagai penceramah.

Baca juga: Jadwal Imsak dan Berbuka di Batam Hari ke-11 Ramadhan, 2 April 2023

"InsyaAllah, warga Muhammadiyah akan mulai berpuasa pada hari Senin, 11 Maret nanti. Kami berharap kegiatan Ramadhan kali ini bisa memberikan pencerahan dan manfaat bagi semua," kata Saidul Amin, Rektor UMRI.

Perayaan Idul Fitri yang diharapkan akan jatuh pada tanggal yang sama baik bagi Muhammadiyah maupun pemerintah, dijadikan momentum untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri terbaik di UMRI, dengan menghadirkan imam dan khatib terbaik.

Kegiatan Ramadhan di UMRI ini diharapkan tidak hanya memperkuat keimanan dan keilmuan komunitas Muhammadiyah dan masyarakat luas tetapi juga menunjukkan kepedulian sosial terhadap mereka yang membutuhkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews