Kepala Bapanas Minta Pemda Stabilkan Harga Jelang Ramadan dan Idulfitri 2024

Kepala Bapanas Minta Pemda Stabilkan Harga Jelang Ramadan dan Idulfitri 2024

Harga sembako jelang ramadhan naik.

Pekanbaru, Batamnews - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, mengimbau seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk menjaga stabilitas harga pangan menjelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 2024. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan beras tetap dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp10.900 per Kilogram.

Arief menyampaikan hal ini dalam Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idul Fitri 2024 pada Senin, 4 Maret 2024.

Baca juga: Pembangunan Gedung SMP Negeri 50 dan SMP Negeri 51 Pekanbaru Tuntas, Disdik Gesa Pengadaan Meubeler

Dia juga menyebutkan bahwa Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), telah memberikan arahan untuk memperhatikan ketersediaan pangan dan stabilisasi harga di seluruh daerah.

Dalam rangka menjalankan arahan Presiden Jokowi, Arief meminta dukungan dan kerjasama dari seluruh kepala daerah, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, untuk terus aktif dalam pemantauan pasar dan menjaga harga pangan tetap stabil.

Arief menegaskan tiga hal yang harus dilakukan pemerintah daerah dalam menstabilkan harga pangan jelang Ramadan dan Idulfitri 2024. Pertama, melakukan gerakan pangan murah dengan bersinergi dengan Perum Bulog, ID Food, dan asosiasi pangan di daerah. 

Baca juga: Pj Gubernur Riau Tunjuk Indra Sebagai Plh Sekdaprov Riau

Kedua, berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Dan ketiga, melakukan pemantauan harga pasar secara berkala di pasar induk, pasar tradisional, dan pasar ritel modern.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan harga pangan dapat tetap terkendali menjelang Ramadan dan Idulfitri, serta masyarakat dapat memperoleh pangan dengan harga yang terjangkau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews