Prakiraan Cuaca dan Hotspot di Riau Hari Ini: Hujan dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi

Prakiraan Cuaca dan Hotspot di Riau Hari Ini: Hujan dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi

Stasiun BMKG Pekanbaru. (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memprediksi sejumlah wilayah di Riau berpotensi mengalami hujan sepanjang hari ini, Rabu, 28 Februari 2024.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu Amiruddin, mengatakan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, dan Indragiri Hilir pada siang, sore, dan malam hari.

"Kabupaten Kuansing masuk dalam daerah yang paling berpotensi diguyur hujan hari ini sejak pagi hingga sore," ujar Moh Ibnu Amiruddin.

Pada malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, Siak, Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan sebagian Kota Pekanbaru.

Baca juga: KPK Sita Aset Mewah Andhi Pramono di Kepulauan Riau: Dua Rumah Mewah, 14 Ruko, serta Lahan, Suap dari Pengusaha di Kepri

Suhu udara di Riau hari ini berkisar antara 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 65 – 99 %. Angin bertiup dari arah Utara – Timur dengan kecepatan 10 – 27 km per jam. BMKG juga memperingatkan potensi kecepatan angin yang dapat mencapai 36 Km/jam di wilayah perairan Kepulauan Batam dan Bintan.

Terkait kondisi laut, tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.01 – 0.50 meter, yang berarti kondisi laut relatif tenang.

Sementara itu, terkait titik panas atau hotspot di Sumatera, terdapat total 39 titik. Rincian titik panas tersebut adalah Jambi 7, Sumatera Barat 1, Sumatera Selatan 3, Sumatera Utara 2, Kepulauan Riau 1, Bangka Belitung 10, dan Riau 15 titik. Adapun 15 titik panas di Riau terdeteksi di Kota Dumai 5, Kampar 5, Rokan Hilir 1, dan Siak 4.

Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat menyebabkan genangan air dan banjir di beberapa wilayah, serta mengantisipasi dampak dari angin kencang yang mungkin terjadi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews