Pemko Batam Berikan Jaminan Sosial, 581 Nelayan Kecil Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Pemko Batam Berikan Jaminan Sosial, 581 Nelayan Kecil Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Acara simbolis penyerahan kartu ini dilaksanakan di Alun-Alun Engku Putri Batam Centre, disaksikan langsung oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina pada Sabtu, 3 Februari 2024. (Foto: istimewa)

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota (Pemko) Batam membuat langkah nyata dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan kecil dengan penyerahan 581 Kartu BPJS Ketenagakerjaan. 

Acara simbolis penyerahan kartu ini dilaksanakan di Alun-Alun Engku Putri Batam Centre, disaksikan langsung oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Kartu BPJS ketenagakerjaan ini diperuntukkan bagi 3.444 nelayan kecil yang berdomisili di mainland Batam. Tujuannya untuk memberikan perlindungan risiko kecelakaan kerja bagi para nelayan saat melaut.

"Atas arahan Wali Kota, kami tampung semua nelayan kecil yang belum terdaftar BPJS Ketenagakerjaan. Para pendamping dari Dinas Perikanan diminta segera menjemput bola agar memenuhi syarat penerima manfaat," ucap Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam Jefridin.

Baca juga: Ini Sejumlah Fasilitas di Kampung Pengembangan Nelayan Maritime City

Sebelumnya, Pemko Batam juga telah menggelar sosialisasi terkait tata cara penggunaan kartu BPJS ketenagakerjaan bagi para nelayan. Harapannya, para nelayan paham mengenai hak dan cara mengklaim manfaat layanan kesehatan dan ketenagakerjaan ini jika terjadi musibah.

"Kami berharap program bantuan ini bisa berkelanjutan dan para nelayan juga diminta segera melengkapi persyaratan untuk mendapatkan kartu Kusuka sebagai pelaku usaha perikanan," imbuh Jefridin.

Hingga saat ini, sebanyak 581 dari target 3.444 nelayan kecil di Batam telah menerima kartu BPJS ketenagakerjaan dari Pemko Batam. Program bantuan ini merupakan wujud keberpihakan pemkot terhadap kesejahteraan nelayan kecil.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews