Hujan Deras Guyur Tanjungpinang dan Bintan, Sejumlah Ruas Jalan Mengalami Banjir

Hujan Deras Guyur Tanjungpinang dan Bintan, Sejumlah Ruas Jalan Mengalami Banjir

Petugas dari Kepolisian saat berjaga di beberapa ruas jalan yang tergenang banjir di Kabupaten Bintan.

Tanjungpinang, Batamnews - Hujan deras yang melanda Tanjungpinang sejak pagi tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan arah ke Kabupaten Bintan terendam banjir. Cuaca buruk ini mengakibatkan kesulitan bagi pengendara, terutama sepeda motor, yang nekat melintasi genangan air.

Pada ruas jalan protokol di depan Hotel Miami Km. 18, Daerah Km 17 Jalan Nusantara, dan beberapa lokasi lainnya, personel Satuan Lalulintas Polres Bintan turun ke lapangan untuk melakukan pengaturan lalu lintas. Langkah ini diambil guna mencegah terjadinya kecelakaan di ruas jalan yang tergenang banjir.

Beberapa sepeda motor yang nekat menerobos banjir di Jalan Nusantara mengalami mati mesin atau mogok. Situasi ini menambah kesulitan bagi pengendara yang harus melintasi titik banjir tersebut.

Baca juga: Tanjungpinang Fokus 2024: Pengentasan Kemiskinan hingga Pemilu, Apa Program Prioritas?

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang, Muhammad Yamin, menjelaskan bahwa kondisi banjir hanya terjadi di Jalan Nusantara. Pemeriksaan di titik lain seperti Jalan Rawasari dan Jalan Bestari menunjukkan kondisi aman. 

Yamin menyebut bahwa banjir disebabkan oleh saluran air atau drainase yang tidak dapat menampung volume air yang mencukupi.

BPBD Tanjungpinang juga mengantisipasi kemungkinan pasang air laut beserta hujan deras. Petugas BPBD waspada di sejumlah titik strategis untuk menghadapi potensi bencana tersebut.

"Semoga hujan tidak lebat. Jika hujan deras ditambah pasang air laut, ini yang kita khawatirkan. Kita tetap standby," ujar Muhammad Yamin.

Sementera itu AKP Khafandi, anggota Satuan Lalulintas Polres Bintan, menjelaskan bahwa personel yang turun ke jalan yang tergenang banjir memeriksa kondisi jalan terlebih dahulu. Jika terdapat lobang atau hambatan lain, mereka memberikan tanda dan melakukan pengaturan lalu lintas hingga air tidak lagi menggenangi jalan.

Baca juga: Pemerintah Kota Tanjungpinang Berhutang Rp.30 Miliar di Tahun Anggaran 2023, Sejumlah OPD Terdampak

Hingga berita ini diturunkan, personel Satuan Lalulintas Polres Bintan masih aktif melakukan pengaturan di ruas jalan yang tergenang banjir. Saat kendaraan melintas, petugas memberikan himbauan agar pengendara berhati-hati, mengikuti peraturan lalu lintas, dan tidak memacu kecepatan saat hujan guna mencegah bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kasat Lantas Bintan juga memberikan himbauan kepada pengendara yang mengantri agar menjaga Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di masa putaran Pemilu ini. 

Ia juga mengingatkan untuk menggunakan hak pilih pada hari yang telah ditetapkan saat Pemilihan Umum. "Selalu ikuti peraturan lalu lintas dan jangan ngebut saat berkendara karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain," imbuh Kasat Lantas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews