455 iPhone Bekas di Bandara Hang Nadim, Batam Terciduk Bea Cukai

455 iPhone Bekas di Bandara Hang Nadim, Batam Terciduk Bea Cukai

Bea Cukai Batam saat melakukan kegiatan pengamanan di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Dok. Bea Cukai)

Batam, Batamnews - Bea Cukai Batam berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak 455 unit iPhone bekas berbagai tipe di Bandara Hang Nadim, Batam. Dua orang calon penumpang pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 373 berinisial MZ dan LNH berhasil diamankan pada Sabtu, 16 Desember. 

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam, M. Rizki Baidillah, mengungkapkan keberhasilan tersebut pada Rabu, 27 Desember 2023.

Rizki menjelaskan bahwa pengungkapan penyelundupan ini bermula dari kecurigaan petugas Bea Cukai terhadap barang bawaan kedua pelaku. Petugas melakukan pemeriksaan setelah tim intelijen mengidentifikasi MZ dan LNH sebagai penumpang mencurigakan. 

Baca juga: Pengakuan Joki IMEI di Batam, Liburan Gratis ke Singapura hingga Dibekali Dua iPhone

Keduanya diduga menerima tas dan koper yang dibawa melalui area VIP Bandara Internasional Hang Nadim dan langsung menuju ruang tunggu keberangkatan Gate A8.

"Saat dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan inisial MZ dan LNH, ditemukan 2 koper dan 2 tas ransel berisi handphone bekas dengan merk iPhone," tambahnya.

Dalam penindakan selanjutnya, dua koper dan dua tas ransel yang dibawa oleh calon penumpang tersebut disegel sebagai bukti. 

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Gelombang Tinggi di Natuna, Masyarakat Diminta Waspada

Kedua calon penumpang dengan inisial MZ dan LNH terindikasi melanggar Undang-Undang Kepabeanan serta melanggar Peraturan Pemerintah Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

"Atas perbuatannya, kedua calon penumpang tersebut dapat dihukum dengan pidana maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 5 miliar," tegas Rizki.

Penangkapan ini menegaskan kewaspadaan Bea Cukai Batam dalam melindungi perbatasan negara dari upaya penyelundupan barang ilegal. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews