KPU Lingga Terima 383.815 Lembar Surat Suara untuk Pemilu 2024

KPU Lingga Terima 383.815 Lembar Surat Suara untuk Pemilu 2024

Ketua KPU Lingga, Ardhy Aulia saat memimpin ngobrol bareng media di Daik Lingga. (Foto: Ruzi/Batamnews)

Lingga, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), telah menerima logistik tahap kedua yang mencakup 383.815 lembar surat suara untuk Pemilu 2024. Pengiriman ini dilakukan pada Selasa, 25 Desember 2023, di Gudang Logistik KPU Lingga, Kampung Bugis, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga.

Ketua KPU Lingga, Ardhy Aulia, mengungkapkan bahwa logistik ini mencakup surat suara untuk lima jenis pemilihan, termasuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, serta Daftar Calon Tetap dan Daftar Calon Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

"Kami segera akan memulai tahapan sortir dan pelipatan surat suara, dengan melibatkan sekitar 60 petugas dan diperkirakan memakan waktu sekitar 15 hari," ujar Ardhy dalam acara Ngobrol Bareng bersama media di Daik Lingga, Rabu, 27 Desember 2023.

Baca juga: KPU Lingga 'Ngobrol Bareng' Media Diskusikan Persiapan dan Peran dalam Pemilu 2024

Setelah proses sortir dan pelipatan selesai, KPU Lingga akan melanjutkan dengan pengepakan dan distribusi surat suara ke seluruh TPS di Kabupaten Lingga. Proses distribusi diharapkan mulai 14 hari sebelum hari pemungutan suara.

Menghadapi tantangan geografis dan cuaca ekstrem, KPU Lingga memprioritaskan wilayah terjauh dan sulit dijangkau dalam pendistribusian logistik. "Kami akan memprioritaskan pendistribusian ke wilayah terjauh dan sulit dijangkau sebagai bagian dari langkah strategis untuk menjamin kelancaran Pemilu 2024," tambah Ardhy.

Lifaldi Rachman Manulang, Sekretaris KPU Lingga, menambahkan bahwa surat suara yang diterima juga termasuk surat suara cadangan. "Surat suara cadangan memiliki cap atau stempel khusus untuk pemilu ulang dan akan dipisahkan dari surat suara yang digunakan pada hari H," jelas Lifaldi.

Baca juga: Warga Antusias Sambut Kampanye Perdana Caleg NasDem Maya Sari di Lingga Timur dan Utara

Kedatangan logistik tahap kedua ini menandai langkah penting dalam persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Lingga, dan KPU Lingga berkomitmen untuk memastikan proses pemilu berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews