Kantor Imigrasi Batam Akan Tambah Fasilitas Autogate di Pelabuhan Internasional

Kantor Imigrasi Batam Akan Tambah Fasilitas Autogate di Pelabuhan Internasional

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam akan memperluas fasilitas autogate di Pelabuhan Internasional, sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan efisiensi proses imigrasi. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam akan memperluas fasilitas autogate di Pelabuhan Internasional, sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan efisiensi proses imigrasi. Pengumuman ini disampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi, Samuel Toba, dalam konferensi pers terkait pencapaian kinerja tahun 2023.

Menurut Samuel Toba, rencana penambahan fasilitas autogate ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan serta mengurangi waktu antrean di pintu masuk internasional. 

"Kami berencana untuk memasang 5 unit autogate tambahan, juga di Sekupang," kata dia, Selasa, 26 Desember 2023.

Baca juga: Imigrasi Batam Gagalkan Pemberangkatan Ribuan PMI Non-Prosedural di 2023

Saat ini, telah terpasang 8 unit autogate di Pelabuhan Internasional Harbourbay. Rencananya akan ditambah lagi guna memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan mancanegara serta untuk meminimalkan waktu yang dibutuhkan dalam proses pemeriksaan imigrasi.

"Dalam kurun waktu 15 detik, prosesnya sudah selesai, memungkinkan wisatawan untuk melanjutkan perjalanan mereka tanpa hambatan," tambahnya.

Pemasangan autogate ini diharapkan akan mempersingkat antrian di pintu masuk. Dengan kedatangan sekitar 140 ribu wisatawan setiap bulannya, diperlukan percepatan dalam lintasan di pelabuhan internasional untuk mengakomodasi tingginya jumlah wisatawan.

Samuel menjelaskan bahwa pemasangan autogate ini merupakan salah satu langkah untuk menyamakan pelayanan dengan negara tetangga, Singapura. Saat ini, proses pemasangan autogate juga sedang berlangsung di Pelabuhan Internasional Batam Center.

Baca juga: Imigrasi Dabo Singkep Fasilitasi Pembuatan Paspor bagi 36 Calon Haji Lingga

"Jika tidak ada halangan, diharapkan pada tanggal 26 Januari 2024, autogate ini akan diresmikan langsung oleh Dirjen Keimigrasian," tambahnya.

Dirinya berharap, inovasi ini akan mengurangi antrian di pintu kedatangan dan keberangkatan di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. 

Dengan akses yang lebih cepat dan proses pemeriksaan yang lebih nyaman, diharapkan bahwa wisatawan akan mampu menyeberang dan melewati pemeriksaan imigrasi dengan lebih efisien, menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan di Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews