BMKG Pekanbaru Rilis Prakiraan Cuaca di Riau: Hujan Ringan hingga Sedang Disertai Petir dan Angin Kencang

BMKG Pekanbaru Rilis Prakiraan Cuaca di Riau: Hujan Ringan hingga Sedang Disertai Petir dan Angin Kencang

Ilustrasi.

Pekanbaru, Batamnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru telah merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau pada Selasa, 26 Desember, yang menyebutkan adanya potensi hujan ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Riau.

Menurut Forecaster on Duty BMKG Pekanbaru, Anggun, hujan telah mengguyur wilayah Riau sejak pagi hari dan diperkirakan akan berlangsung hingga dini hari. "Hujan tidak merata dan hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," jelas Anggun.

Pada pagi hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, dan Kota Pekanbaru. Selanjutnya, pada siang hari, wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Bengkalis, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai juga berpotensi mengalami hujan serupa.

Baca juga: Kantor Imigrasi Batam Akan Tambah Fasilitas Autogate di Pelabuhan Internasional

"Sore hingga malam hari, potensi hujan diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau," tambahnya. Dini hari, hujan diprediksi akan mengguyur Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, khususnya di Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Kampar, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru pada pagi, sore, malam, dan dini hari.

Suhu udara di Riau hari ini berkisar antara 22.0 – 31.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99 %. Arah angin berhembus dari Barat Laut ke Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 Km/jam. Tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.01 – 0.50 meter.

Dengan prakiraan cuaca ini, masyarakat di Riau diimbau untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang cepat dan mempersiapkan diri terhadap kemungkinan gangguan yang dapat ditimbulkan oleh cuaca buruk, seperti banjir dan angin kencang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews