Bawaslu Meranti Buka Pendaftaran 677 Pengawas TPS untuk Pemilu 2024

Bawaslu Meranti Buka Pendaftaran 677 Pengawas TPS untuk Pemilu 2024

Proses Pemilu di TPS. (Foto: dok.Lampost)

Meranti, Batamnews - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, membuka pendaftaran untuk pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Total ada 677 posisi yang tersedia, sesuai dengan jumlah TPS di kabupaten tersebut.

Ketua Bawaslu Meranti, Syamsurizal, mengumumkan bahwa pendaftaran penerimaan PTPS akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 6 Januari 2024. 

"Pada hari pemungutan suara Pemilu 2024, satu TPS akan diawasi oleh satu PTPS. Artinya, kami membutuhkan sebanyak 677 PTPS," ucap Syamsurizal pada Ahad, 24 Desember 2023.

Baca juga: Heboh Beras Sintetis di Kepulauan Meranti, Begini Hasil Uji Laboratorium

Penyelenggaraan perekrutan PTPS ini dilakukan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sesuai dengan keputusan Bawaslu RI nomor 498/HK.01.01/K1/12/2023. 

Kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi PTPS meliputi usia minimal 21 tahun dan pendidikan minimal SMA. Informasi lebih detail mengenai pendaftaran dapat dilihat di papan pengumuman di kantor desa setempat.

Syamsurizal juga menyampaikan bahwa masa kerja PTPS hanya sekitar satu bulan, yaitu dari Januari hingga Februari 2024. Para pengawas TPS yang terpilih akan menerima honor sekitar Rp 1 juta, ditambah dengan uang transportasi dan uang konsumsi.

Baca juga: Bantuan Cadangan Beras Pemerintah Jangkau Lebih dari 31.000 Keluarga di Meranti

Pembukaan pendaftaran PTPS ini adalah bagian dari upaya Bawaslu untuk memastikan pemilihan umum berlangsung adil dan transparan. Dengan penempatan pengawas di setiap TPS, diharapkan Pemilu 2024 di Kabupaten Kepulauan Meranti dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Para warga yang memenuhi syarat dan berminat diharapkan untuk segera mendaftar. Ini merupakan kesempatan bagi warga Kepulauan Meranti untuk berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi di Indonesia.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews