BMKG Pekanbaru Rilis Prakiraan Cuaca Riau Awal Pekan, Waspada Hujan Intensitas Sedang Hingga Lebat

BMKG Pekanbaru Rilis Prakiraan Cuaca Riau Awal Pekan, Waspada Hujan Intensitas Sedang Hingga Lebat

Hujan saat mengguyur Pekanbaru. (Foto: dok.riaupos)

Pekanbaru, Batamnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memberikan prakiraan cuaca untuk wilayah Riau pada Senin, 18 Desember 2023, dengan peringatan potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

Moh Ibnu Amiruddin, Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, menyampaikan bahwa pada pagi hingga siang hari, kondisi udara di beberapa wilayah Riau, seperti Kabupaten Kampar, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kuantan Singingi, akan kabur hingga berawan.

"Namun, pada sore hingga malam hari, sebagian besar wilayah Provinsi Riau diprediksi akan mengalami cuaca cerah berawan hingga berawan dengan potensi hujan," tambah Ibnu Amiruddin.

Baca juga: Hadiri Doa dan Dzikir Untuk Negeri, Ir Effendi Sianipar Serahkan Bantuan Bus Sekolah Sekolah 

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mungkin disertai petir dan angin kencang. Daerah yang perlu waspada meliputi Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Kampar, dan Kepulauan Meranti, khususnya pada sore, malam, dan dini hari.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem ini," ujar Ibnu.

Suhu udara di Riau hari ini diperkirakan berkisar antara 22.0 - 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 - 99%. Arah angin bervariasi dari Barat Laut ke Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

Baca juga: Perayaan HUT ke-1 Rize Rocky Indonesia Chapter Batam: Sinergi Otomotif dan Pariwisata

Tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan antara 0.01 – 0.50 m, menunjukkan kondisi laut yang relatif tenang.

Selain itu, BMKG juga melaporkan adanya 82 titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera, dengan rincian di berbagai provinsi, termasuk satu titik di Riau. Kondisi ini menjadi perhatian khusus dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Informasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat Riau dalam merencanakan aktivitas sehari-hari mereka, terutama mengingat kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews