Dr Adolf Bastian Resmi Pimpin PGRI Riau Sisa Jabatan 2019-2024, Effendi Sianipar: Majukan Pendidikan Riau!

Dr Adolf Bastian Resmi Pimpin PGRI Riau Sisa Jabatan 2019-2024, Effendi Sianipar: Majukan Pendidikan Riau!

Dr Adolf Bastian telah resmi menjabat sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau, mewarisi tanggung jawab besar untuk periode sisa masa bhakti 2019-2024. (Foto: istimewa)

Pekanbaru, Batamnews - Dr Adolf Bastian telah resmi menjabat sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau, mewarisi tanggung jawab besar untuk periode sisa masa bhakti 2019-2024. 

Pemilihan Dr Adolf sebagai pemimpin baru PGRI Riau mendapat dukungan penuh dari Ir Effendi Sianipar, Anggota DPR RI, yang menekankan pentingnya peran guru dan organisasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Riau.

"Saya mengapresasi kiprah positif PGRI dan kontribusi para guru, serta mengajak mereka terus meningkatkan dedikasi dan pengabdiannya untuk lebih memajukan dunia pendidikan di Riau," kata Politisi PDI Perjuangan ini kepada wartawan, Senin, 11 Desember 2023.

Dengan kepengurusan baru ini, harap Effendi Sianipar, agar bisa memberikan dampak positif dan memberikan gebrakan-gebrakan perubahan. Perubahan tersebut hendaknya agar bisa menuju kearah yang lebih baik. Hal-hal yang baik harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi. 

"Untuk mewujudkan hal tersebut, saya harapkan seluruh pengurus harus meningkatkan profesionalisme sebagai seorang pendidik, karena seorang pendidik adalah sebuah agen perubahan generasi penerus bangsa," imbuh Anggota DPR RI dapil Kabupaten Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Rohul, Rohil, Kota Pekanbaru, dan Dumai ini. 

Effendi juga mengajak seluruh pengurus bisa memberikan inovasi yang baru dalam dunia pembelajaran di sekolah serta sebagai seorang pendidik, harus dapat menjadi tauladan bagi para anak didik. 

Untuk diketahui, Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pusat melantik pengurus PGRI Provinsi Riau sisa masa bakti 2019-2024, digelar di hotel Mutiara Merdeka, Ahad, 10 Desember 2023.

Pengurus PGRI Riau dilantik langsung Ketua PB PGRI, Dudung Abdul Qodir MPd yang juga merupakan Ketua carateker PGRI Riau, dan disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Riau, Dr Kamsol, Anggota Dewan Pendidikan Riau H Khaidir Akmalmas SH, hadir juga pengurus PGRI 12 Kabupaten/Kota, dan ratusan guru-guru di Riau. 

Pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) pelantikan pengurus PGRI Riau masa bakti 2019-2024 oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB PGRI, Prof Dr Jejen Musfah. 

Kemudian, Dr Adolf Bastian menerima bendera PGRI, saat itu ratusan guru tampak bertepuk tangan memberikan dukungan kepada pengurus PGRI Riau yang baru. 

Usai dilantik, Ketua PGRI Provinsi Riau, Dr Adolf Bastian mengatakan, meski masa kepengurusan PGRI Riau masa bakti 2019-2024 hanya delapan bulan, namun pihaknya berkomitmen membawa organisasi profesi tersebut semakin baik lagi. 

"Pertama tugas kita adalah melakukan konsolidasi internal dan eksternal. Kemudian, dengan kehadiran PB PGRI dan pengurus PGRI kabupaten kota di Riau, tentu itu dukungan yang sangat luar biasa untuk mengibarkan kembali bendera PGRI yang sempat dibekukan," katanya. 

Karena itu, Adolf Bastian akan mengajak dan merangkul kembali pengurus PGRI Riau yang sebelumnya melakukan KLB di Jawa Timur. Sebab pihaknya memiliki target bagaimana memperjuangkan kompetensi, meningkatkan kesejahteraan dan advokasi guru-guru di Riau. 

"Sebab teman-teman yang melaksanakan KLB itu kan teman kita juga, saya yakin dan InsyaAllah kami akan kembali menyatu setelah ini. Karena PGRI ini organisasi profesi guru, tentu istimewanya penuh dengan kekeluargaan. Karena itu kami yakin PGRI Riau akan menyatu kembali dengan teman-teman yang sebelum melakukan KLB," tegasnya. 

Untuk diketahui, sebelumnya PB PGRI juga membekukan pengurus PGRI Provinsi Jatim, Provinsi Riau, Provinsi Sumut, yang tertuang dalam Keputusan PB PGRI Nomor: 108/Kep/PB/XXII/2023 

Setelah dibekukan, PB PGRI membentuk carateker di Provinsi Riau. Dimana PB PGRI menugaskan enam orang untuk menjadi carateker PGRI Provinsi Riau. 

Keenam tersebut yakni, Dudung Abdul Qodir MPd (Ketua PB PGRI) sebagai ketua, dan anggota Dr Adolf Bastian MSi (Ketua PGRI Rohul), dan Taslim MPd (Sekretaris PGRI Inhil), Drs Pahmijan MPd (pengurus PGRI Riau lama), H Abdul Gafar MPd (Ketua PGRI Pekanbaru), Drs H Arfan Usman MPd (Ketua PGRI Siak).

Berikut Pengurus PGRI Provinsi Riau yang baru masa bakti 2019-2024: 

Pengurus Harian: 

1. Ketua: Dr. Adolf Bastian, SPd, MPd 

2. Wakil Ketua: Taslim, SPd, MPd 

3. Wakil Ketua: H Mulyawansyah, SPd, MPd 

4. Wakil Ketua: Drs Muhammad Guntur MPd 

5. Wakil Ketua : Ekowibowo, SPdI, MPd 

6. Sekretaris Umum: Drs H Pahmijan, MPd 

7. Wakil Sekum: Septiandi Putra, SE 

8. Wakil Sekum: Syarifah Nurlela, SPd 

9. Wakil Sekum: Candra Alpiat, SPd 

10. Bendahara: Jenny Ambiani, MPd 

11. Wakil Bendahara: Junaidi, MPd 

Ketua Biro: 

12. Organisasi dan Kaderisasi: Dr Hj Nurhafni, MPd 

13. Pengembangan Profesi: Sardius, MPd 

14. Pengembangan Karir: Dr Herlinawati. M.Ed 

15. Penegakan Kode Etik, Advokasi, Bantuan Hukum, dan Perlindungan Profesi: Dr Irawan Harahap, SH, SE, MKn, MH 

16. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: Dr. Non Safriafdi, SPd, MPd 

17. Pembinaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan: Tengku Rafita Yenni, SPd, MPd 

18. Kerjasama dan Pengembangan Usaha: Khairullah, MPd 

19. Kesejahteraan dan Ketenagakerjaan: Aslindawati, MPd 

20. Pemberdayaan Perempuan: Hj Nurjasmi, MPd 

21. Komunikasi dan Informasi: Desy Qadarsih, SP 

22. Olahraga, Seni, dan Budaya : Herminita, SPd, MM 

23. Pembinaan Kerohanian dan Karakter Bangsa: Daman Damanik, SPdI 

24. Hubungan Dalam dan Luar Negeri: Djunaidi, MPd 

25. Pengembangan Pendidikan Khusus dan Non Formal: Dr. Shelvie Famella, MPd.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews