Respons Wawako Amsakar Soal Tampung Pengungsi Rohingya di Pulau Galang: Kita Siap!

Respons Wawako Amsakar Soal Tampung Pengungsi Rohingya di Pulau Galang: Kita Siap!

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad (Foto:dok.Batamnews)

Batam, Batamnews - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengungkapkan kesiapannya untuk menampung pengungsi Rohingya dalam konteks dukungan kemanusiaan yang sedang dipertimbangkan. 

Dalam pernyataannya, Amsakar menyebutkan jika sudah diputuskan oleh pihak pusat untuk kebijakan nasional tersebut, pemerintah Kota Batam tentunya siap akan hal kemanusiaan itu.

"Kami pemerintah daerah siap untuk melaksanakan itu, nah saya ingin sampaikan bahwa Batam cukup berpengalaman untuk tugas-tugas kemanusiaan ini ," kata Amsakar, Sabtu, 9 Desember 2023.

Ia menegaskan bahwa Batam telah memiliki pengalaman dalam menangani tugas-tugas kemanusiaan sebelumnya, seperti saat membantu warga Vietnam dan juga dalam menghadapi masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Rencana Pemindahan Pengungsi Rohingya ke Pulau Galang di Batam Picu Kekhawatiran Warga

"Nah kita tahu ada camp sahabat kita dari vietnam, mungkin ada awal kita dihantam covid, dimana perbincangan, pro kontra nya RSKI luar biasa. Tapi ya Batam alhamdulilah bisa melaksanakan hal itu dengan baik, apalagi ini Rohingya ini adalah tugas kemanusiaan, ya bagaimana kita mengambil peran, berkontribusi untuk masyarakat dunia ini," ungkapnya.

Amsakar juga menyoroti peran Indonesia dalam kebijakan luar negeri dan sebagai bagian dari tujuan nasional, termasuk dalam menjaga ketertiban dunia. 

"Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam sejarah untuk hadir dalam setiap persoalan yang dihadapi oleh sahabat-sahabat internasional. Kami di pemerintah Kota Batam akan mengikuti setiap kebijakan yang telah ditetapkan secara nasional, dan akan berkomunikasi dengan masyarakat secara bijak mengenai kemungkinan-kemungkinan yang muncul," paparnya.

Menanggapi potensi konflik yang mungkin timbul, Amsakar menegaskan bahwa segala kemungkinan risiko pasti telah dipelajari dan diantisipasi sebelum mengambil keputusan dari pusat.

Baca juga: Wakil Presiden Buka Kemungkinan Tampung Pengungsi Rohingya di Pulau Galang, Batam

"Kemungkinan-kemungkinan resiko terburuknya pasti sudah akan disiapkan, akan ada langkah-langkah antisipasi yang dilakukan, tapi sekali lagi saya meyakini, Kota Batam berpengalaman dalam beberapa hal dan keliatan semua endingnya baik-baik saja," jelas dia.

Sementara itu, mayoritas warga di Pulau Galang menolak rencana tersebut, merujuk pada berbagai informasi negatif terkait pengungsi Rohingya yang tersebar di media. 

Mereka juga menyoroti belum terselesaikannya masalah masyarakat di Pulau Rempang yang berdekatan dengan Pulau Galang. Di Pulau Rempang, banyak warga yang masih bertahan terkait relokasi yang dilakukan oleh pemerintah.

"Orang kampung sendiri diusir, sekarang orang lain yang mau didatangkan," ujar salah satu warga.

"Kita jangan di buat tambah susah, kita sudah menghadapi banyak kesulitan," tambahnya dengan penekanan pada keadaan yang sudah sulit.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews