Sempat Terkendala Air, Begini Kondisi Terakhir Kebakaran di Union Industrial Park Batuampar

Sempat Terkendala Air, Begini Kondisi Terakhir Kebakaran di Union Industrial Park Batuampar

Beberapa anggota TNI ikut membantu pemadaman api saat kebakaran.

Batam, Batamnews - Meskipun pengambilan air harus dilakukan dari jarak yang cukup jauh karena matinya pasokan air di wilayah tersebut, Pada pukul 15.00 WIB, petugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi di Kawasan Union Industrial Park Batuampar di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin, 4 Desember 2023.

Menurut Azman, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran dengan total personil sekitar 40 orang dikerahkan untuk memadamkan api yang membesar di kawasan tersebut. 

Azman menjelaskan, "Kami telah berhasil memblok area yang terbakar untuk mencegah penyebaran yang lebih luas."

Baca juga: Kawasan Union Industrial Park Batuampar Batam Kebakaran, Api Terus Menjalar

Kendati terdapat kendala pasokan air akibat perbaikan pipa bocor di sekitar area, Azman menegaskan bahwa pihaknya tidak ada kesulitan air dalam operasi pemadaman. 

"Tidak ada kesulitan air, semua mobil tangki kami berjalan dengan baik untuk memadamkan api. Kalian lihat, ada yang membawa tangki 10.000 liter dan ada yang 8.000 liter, semuanya berfungsi dengan baik," ujar Azman.

Namun, Agus Saragih, Kepala Seksi Sub Ditektorat Mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran BP Batam, menyampaikan bahwa mobil pemadam kebakaran dari pihak BP Batam mengalami kendala dalam pengambilan air karena matinya pasokan air di wilayah tersebut.

"Dari BP Batam, ada 7 unit mobil pemadam kebakaran. Kendalanya adalah kami harus mengambil air dari daerah yang jauh, hingga ke daerah Yos Sudarso, karena pasokan air di wilayah ini mati," ungkap Agus.

Baca juga: Transformasi Pelabuhan Batam, Perkuat Nadi Ekonomi Menuju Batam Kota Baru

Sementara penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, Kapolsek Batu Ampar, Kompol Dwihatmoko Wiroseno, menyatakan bahwa saat ini mereka tengah mencari tahu penyebab pasti kejadian ini. Namun, ia menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

"Tidak ada korban jiwa, yang ada hanya kerugian materiil, sekitar 6 gudang terkena dampak kebakaran," Ujarnya.

Penyelidikan atas kejadian ini masih berlangsung, sementara petugas terus melakukan upaya pembersihan dan pemuliihan di Kawasan Union Industrial Park Batuampar setelah kebakaran yang menggegerkan tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews