Lembah Harau, Pesona 'Konoha' di Tanah Minang yang Menakjubkan

Lembah Harau, Pesona

Lembah Harau di Sumatera Barat. (Foto: via Senang Rekreasi)

Padang, Batamnews – Bagi para penggemar serial anime Naruto, impian untuk menjelajahi Desa Konoha kini dapat terwujud di Sumatera Barat, Indonesia. 

Lembah Harau, yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, dikenal dengan pemandangan alamnya yang mengingatkan pada Desa Konoha, lengkap dengan tebing-tebing menjulang tinggi yang mengelilingi nagari ini.

Perjalanan dari Bukittinggi menuju Lembah Harau memakan waktu sekitar 90 menit, menawarkan pengalaman yang memukau dengan luasnya yang mencapai 270,5 hektare. 

Baca juga: Bayi Mungil yang Lahir di SB Karunia Jaya Tujuan Karimun Diberi Nama Putri Karunia Dewi

Tebing-tebing yang menjulang dengan ketinggian antara 100 hingga 500 meter, menambah pesona nagari ini yang sering disandingkan dengan tebing Hokage yang ikonik.

Namun, keunikan Lembah Harau tak hanya terletak pada kemiripannya dengan anime. Kabupaten Lima Puluh Kota ini, sebagaimana dijelaskan dalam kitab adat Minangkabau "Tambo", adalah wilayah yang dikelilingi air jernih dan ikan yang berenang dengan tenang di sungai-sungainya.

Menurut Kemenparekraf, Lembah Harau dihipotesiskan sebagai bekas dasar lautan, dengan bukti batuan breksi dan konglomerat yang umumnya ditemukan di dasar laut. Batuan ini diperkirakan berusia sekitar 40 juta tahun dan mengandung karbon organik.

Keindahan Lembah Harau semakin lengkap dengan statusnya sebagai Suaka Margasatwa dan Cagar Alam. Margasatwa yang hidup di sini termasuk Macaca fascicularis atau monyet ekor panjang.

Baca juga: Tips Hangat Memulai Hari di Kepri di Tengah Cuaca Dingin

Lembah Harau juga dikenal dengan deretan air terjunnya yang menawan, termasuk Air Terjun Akar Berayun yang merupakan yang tertinggi dengan ketinggian 200 meter. Tak ketinggalan, Air Terjun Sarasah Murai yang memiliki tujuh tingkatan undakan.

Selain keindahan alamnya, Lembah Harau juga menawarkan berbagai wisata tematik yang mengesankan. Harau Sky menawarkan waterpark dan restoran, sementara Kampung Adat Minang, Kampung Korea Jepang, Harau Dream Park, dan Kampung Eropa memberikan pengalaman budaya dan rekreasi yang beragam untuk para pengunjung.

Bagi para petualang dan pecinta alam, Lembah Harau menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan, seolah memadukan dunia fantasi dengan kekayaan budaya dan alam Sumatera Barat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews