Ratusan Buruh Batam Kembali Gelar Demo, Tuntut Kejelasan UMK dari Wali Kota Rudi

Ratusan Buruh Batam Kembali Gelar Demo, Tuntut Kejelasan UMK dari Wali Kota Rudi

Pagi ini, Senin, 27 November 2023, kantor Wali Kota Batam menjadi pusat demonstrasi buruh yang meminta kejelasan mengenai rekomendasi Upah Minimum Kota (UMK) untuk tahun 2024. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews – Pagi ini, Senin, 27 November 2023, kantor Wali Kota Batam menjadi pusat demonstrasi buruh yang meminta kejelasan mengenai rekomendasi Upah Minimum Kota (UMK) untuk tahun 2024. 

Kerumunan buruh yang berkumpul secara damai menyatakan kekecewaan mereka atas sikap Wali Kota yang belum juga mengirimkan rekomendasi UMK yang telah lama ditunggu.

Baca juga: Wali Kota Batam Kirim Usulan UMK 2024 ke Gubernur Kepri pada Jumat Pagi

Menurut Yapet Ramon, Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, rekomendasi kenaikan UMK sebesar 15% yang setara dengan Rp 675.066, telah dirumuskan berdasarkan analisis mendalam dan sesuai dengan Permendagri Nomor 51. Namun, rekomendasi tersebut tampaknya diabaikan oleh pemerintah kota.

"Tiba-tiba rekomendasi keluar, kita tidak dilibatkan dalam rekomendasi itu, kita tidak diajak untuk diskusi musyawarah, tiba-tiba itu muncul jadi kalau kita datang kesini meminta penjelasan ke Wali Kota itu adalah wajar," ujarnya.

Para buruh menuntut transparansi dan partisipasi dalam proses pengambilan keputusan UMK. Mereka berargumen bahwa kenaikan 15% adalah hasil survei yang telah mereka lakukan dan tidak seharusnya diabaikan begitu saja.

Baca juga: Pembahasan UMK Batam 2024: Pengusaha Patuhi PP, Buruh Tunggu Kejelasan

"Kita tidak terlibat tiba-tiba angkanya muncul, inikan wajar kalau kita datang kesini untuk menanyakan hal itu dan jangan sampai berhari-hari kita demo kesini, malu Wali Kotanya nanti," tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam telah menyampaikan dua usulan angka UMK kepada Gubernur Kepulauan Riau: kenaikan 15% yang diminta buruh dan kenaikan 2,7% yang diajukan oleh pengusaha. Namun, hingga kini, belum ada kepastian mengenai angka mana yang akan dipilih.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews