Pekanbaru Siapkan Rp5 Miliar untuk Penanggulangan Banjir di 2024

Pekanbaru Siapkan Rp5 Miliar untuk Penanggulangan Banjir di 2024

Banjir saat menggenangi wilayah Pekanbaru. (Foto: dok.Satlantas Pekanbaru)

Pekanbaru, Batamnews – Dalam upaya serius menangani permasalahan banjir yang kerap melanda, Kota Pekanbaru mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar untuk penanggulangan banjir pada tahun 2024.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, saat wawancara dengan wartawan pada Senin, 27 November 2023.

Baca juga: Pipa di Kepri Mall Batam Meledak, Semburkan Air Hingga Banjiri Jalan

Edward menjelaskan bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki 300 titik masalah banjir yang telah teridentifikasi dalam master plan penanganan banjir Kota Pekanbaru. 

"Ada 300 titik masalah banjir di Pekanbaru. Makanya, besaran anggaran itu ditaksir berkisar Rp 5 miliar. Jumlah ini merupakan anggaran penanganan banjir pada tahun 2024," ujar dia. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru juga telah menganggarkan dana khusus untuk pembelian mobil penyedot lumpur. Alat berat ini diharapkan dapat mempercepat proses pembersihan sedimen yang menumpuk di saluran air.

Baca juga: BPBD Riau Tingkatkan Kesiapsiagaan Antisipasi Banjir dan Tanah Longsor

Edward menambahkan bahwa pengadaan mobil penyedot lumpur dan eksavator amfibi yang dibeli tahun 2023 merupakan bagian dari langkah konkret yang diambil oleh pemerintah kota dalam rangka penanganan banjir. 

“Eksavator itu tentu membantu pengerukan dalam normalisasi sungai untuk penanganan banjir.  Upaya normalisasi ini adalah upaya mengoptimalkan penanganan banjir," pungkas dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews