Ratusan Juta Rupiah Terkumpul dari Aksi Masyarakat Batam untuk Palestina

Ratusan Juta Rupiah Terkumpul dari Aksi Masyarakat Batam untuk Palestina

Aksi solidaritas untuk mendukung Palestina di Lapangan Welcome to Batam (Foto: Asrul)

Batam, Batamnews - Kota Batam menjadi saksi dari kekompakan masyarakatnya dalam menggelar aksi solidaritas untuk mendukung Palestina. Lapangan Welcome to Batam, Batam Center, menjadi saksi bisu dari momentum penting ini yang dimulai sejak pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. 

Ribuan orang berkumpul, menghadiri dan turut serta aktif dalam berbagai kegiatan yang digelar dalam rangkaian acara "Batam Bersama Palestina", Minggu, 26 November 2023. Acara yang diinisiasi oleh Masyarakat Kota Batam ini mengundang perhatian dan partisipasi luas dari berbagai lapisan masyarakat. 

Kepala Kantor LMI ( Lembaga Manajemen Infaq ) Kepulauan Riau, Sekaligus Ketua Panitia, Heri Sulistiyono, menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk dukungan kemanusiaan yang sama dengan yang telah ditunjukkan oleh dunia internasional terhadap Palestina. 

Baca juga: Malam Anugerah RSBP Batam Awards 2023

"Kami ingin menunjukkan bahwa warga Batam memiliki empati yang mendalam terhadap tragedi yang tengah dialami di Gaza, Palestina," ujarnya.

Menurut Heri, respons dari berbagai komunitas, paguyuban, lembaga pendidikan, hingga kampus di Kota Batam serta antusiasme dari berbagai elemen masyarakat sangat luar biasa. 

"Ada 76 komunitas yang turut serta, termasuk paguyuban seperti Batak Muslim, Karo, Cilacap, dan masih banyak lagi. Semua bersatu untuk tujuan yang sama," tambahnya.

Aksi ini tidak hanya menggelar kegiatan donasi tunai, namun juga berbagai aktivitas lainnya. Mulai dari layanan cukur rambut, pijat toktok dengan hasilnya akan didonasikan, hingga lelang berbagai barang seperti syal, atribut Palestina, dan lukisan dengan nilai jutaan rupiah, yang hasilnya juga akan langsung disalurkan.

Baca juga: Kijang Kota Tua Festival Sajikan Keberagaman Budaya Menyicipi Kuliner Nusantara 

Heri juga menjelaskan bahwa dana yang terkumpul secara tunai pada saat acara mencapai Rp. 174.710.000. Namun, masih terdapat sejumlah dana dalam bentuk transfer yang perlu dihitung secara detail. 

Ia juga menyampaikan rencananya untuk menggelar aksi lebih besar lagi dengan menggandeng pihak pemerintah Kota Batam guna menjangkau lebih banyak lagi masyarakat yang ingin turut serta dalam aksi kemanusiaan ini.

Salah satu warga Batam, Deni, yang tinggal di Baloi Center, menyampaikan antusiasmenya terhadap acara tersebut. 

"Saya sangat antusias bisa berpartisipasi dan berdonasi untuk saudara-saudara kita di Gaza, semoga bantuan ini bisa meringankan beban mereka," tuturnya dengan penuh semangat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews