Tiga Pintu Waduk PLTA Dibuka, Masyarakat Diminta Waspada Sungai Kampar Naik 30 Centimeter

Tiga Pintu Waduk PLTA Dibuka, Masyarakat Diminta Waspada Sungai Kampar Naik 30 Centimeter

Waduk PLTA Koto Panjang. (Foto: Wan)

Pekanbaru, Batamnews - Tiga pintu waduk di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang dibuka pada Jumat, 14 November 2023 karena tingginya curah hujan di area waduk dan adanya kenaikan inflow. 

Pembukaan pintu waduk ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan elevasi yang dapat menjadi potensi risiko.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, menyampaikan bahwa pihaknya telah menerima informasi terkait pembukaan tiga pintu waduk PLTA Koto Panjang. 

Baca juga: Disbud Riau Gelar Pembinaan Nilai Budaya Melayu KAT Guna Merawat Masyarakat Adat

Dengan kondisi cuaca yang ekstrem, pembukaan pintu waduk dianggap sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko kenaikan elevasi yang signifikan.

Menurut informasi yang diterima, pembukaan pintu waduk diperkirakan akan menyebabkan kenaikan permukaan sungai Kampar sekitar 20-30 cm. 

"PLTA membuka tiga pintu waduk dengan ketinggian 40 centimeter. Kami telah mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar, untuk tetap waspada dan memperhatikan pemberitahuan terkait pembukaan pintu waduk," tambah Edy Afrizal.

Baca juga: Pekanbaru Tetapkan Batas Waktu Berjualan untuk Pedagang Pasar Tumpah Jalan Ahmad Yani

BPBD Riau telah berkoordinasi dengan BPBD Kampar untuk bersiap menghadapi potensi dampak yang tidak diinginkan akibat pembukaan pintu waduk. 

"BPBD Kampar telah memberikan informasi terkini tentang kondisi PLTA Koto Panjang kepada Camat agar dapat disampaikan ke desa-desa yang berada di sepanjang aliran Sungai Kampar," jelas Edy Afrizal.

Seluruh pihak diminta untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari otoritas terkait demi mengurangi risiko bencana yang mungkin timbul akibat situasi cuaca yang tidak terduga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews