Waspada Cacar Monyet, Karimun Perketat Skrining di Pelabuhan

Waspada Cacar Monyet, Karimun Perketat Skrining di Pelabuhan

Pelabuhan Internasional, Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Virus Cacar Monyet atau Monkey Pox terdeteksi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), tepatnya di Kota Batam. Diketahui, satu orang pria yang terserang virus itu berusia 23 tahun dan kini tengah menjalani perawatan intensif di RS Embung Fatimah.

Kasus cacar monyet di Indonesia terus mengalami kenaikan, tercatat hingga kini ada 44 kasus ditemukan, termasuk di Provinsi Kepri. Dengan ditemukannya virus Monkey Pox di Kepri, patut diwaspadai dengan cara memperkuat deteksi dini atau skrining di pintu-pintu masuk di wilayah Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi menegaskan, sampai hari ini pihaknya belum mendeteksi adanya kasus cacar monyet di Kabupaten Karimun.

Baca juga: Disebut Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Batam, Begini Respon Kadinkes Batam!

"Belum ada terdeteksi penularan cacar monyet di Karimun, dan kita berharap jangan sampai ada. Untuk mengantisipasi kita melakukan pengecekan di pintu-pintu masuk seperti pelabuhan," kata Rachmadi ketika dikonfirmasi, Kamis, 16 November 2023.

Virus cacar monyet merupakan penyakit yang ditularkan hewan monyet atau tikus. Penyakit tersebut bersifat zoonosis atau disebabkan oleh virus yang menyebar antara hewan dan manusia.

"Penyakit ini menular melalui sentuhan, tapi tidak secepat COVID-19, untuk itu bila ada kasus suspect maka langsung segera di isolasi dan dilakukan pengambilan sampel untuk cek laboratorium," ucapnya.

Baca juga: Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Kota Batam, Kepulauan Riau

Rachmadi menyebutkan, gejala-gejala yang dapat dialami penderita ketika mengalami cacar monyet, mirip dengan gejala cacar air.

Dimana penderita akan merasakan demam akut, nyeri otot, pusing, kelelahan hingga timbulnya lesi cacar, koreng atau benjolan berisi air atau nanah pada tubuh

"Fenomena penyakit cacar monyet atau mongkeypox ini dapat dihindari dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan apabila memiliki gejala itu segera ke rumah sakit," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews