TPID Kepri Berencana Bangun Food Station Jaga Stabilitas Inflasi dan Ketahanan Pangan

TPID Kepri Berencana Bangun Food Station Jaga Stabilitas Inflasi dan Ketahanan Pangan

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mendapatkan inspirasi berharga dari kunjungan kerja mereka ke Rice Plant Cipinang (RPC) PT. Food Station Tjipinang Jaya dan BUMD DKI Jakarta, Perumda Dharma Jaya. (Foto: istimewa)

Batam, Batamnews - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mendapatkan inspirasi berharga dari kunjungan kerja mereka ke Rice Plant Cipinang (RPC) PT. Food Station Tjipinang Jaya dan BUMD DKI Jakarta, Perumda Dharma Jaya.

Hasil kunjungan tersebut memunculkan beberapa poin strategis yang akan membantu menjaga stabilitas inflasi dan ketahanan pangan di Kepri.

Kadisperindag Kepri, Aries Fhariandi saat ditemui disela-sela kunjungan kerjanya menegaskan Tim TPID Kepri berencana membangun food station. Dimana rencana ini dilakukan guna menjaga ketahanan, sekaligus mengoptimalkan peran dari BUMD.

Baca juga: 10 Provinsi Setuju Kepri Tuan Rumah Porwil XII Sumatera 2027, Jumlah Cabor Diusulkan Bertambah

"Kami sedang mempelajari konsep dari BUMD DKI Jakarta terlebih dahulu. Ke depannya, BUMD di Kepri diharapkan dapat menjalankan inisiatif serupa," jelasnya.

Dalam rangka merealisasikan tujuan tersebut, Pemerintah Provinsi Kepri berencana untuk mengambil pembelajaran dari DKI Jakarta, yang telah lebih dulu berhasil memiliki food station. Contohnya adalah food station Cipinang Jakarta yang sudah beroperasi sejak tahun 2014.

Meskipun Kepri mungkin akan menghadapi beberapa kendala dalam bidang transportasi, namun upaya ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dengan keberadaan food station di wilayah tersebut.

Saat ini, Provinsi Kepri telah mengambil langkah-langkah kolaborasi strategis untuk mengendalikan inflasi. Ini termasuk pelaksanaan pemantauan dan pengawasan secara rutin, operasi pasar sebanyak 63 kali, dan Gerakan Pangan Murah (GPM) sebanyak 44 kali pada tahun 2023.

Baca juga: Kepri Jadi Tuan Rumah Porwil Sumatera 2027, Kadispora Ikhsan Terima Estafet dari Riau

"Selanjutnya, dilakukan optimalisasi informasi melalui aplikasi harga bahan pokok harian dalam bentuk website dan pelaksanaan business matching antara pelaku usaha dan distributor secara virtual," ucapnya.

"Ini dilakukan bersama Bank Indonesia untuk mengoptimalkan Gerakan Nasional Pengendali Inflasi Pangan (GNPIP) Kepri 2023 dengan tema sinergi dan inovasi demi ketahanan pangan nasional melalui Program Kepri Bersahabat," sambung dia.

Pihaknya juga menambahkan bahwa mereka aktif melakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD), menjalin komunikasi terkait ekspektasi inflasi di masyarakat, dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews