Skenario Timnas Indonesia U-17 untuk Lolos ke Babak 16 Piala Dunia U-17 2023

Skenario Timnas Indonesia U-17 untuk Lolos ke Babak 16 Piala Dunia U-17 2023

Tim Nasional Indonesia U-17 (Foto: PSSI)

Batam, Batamnews - Timnas Indonesia U-17 masih menjaga harapan besar untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 setelah berhasil menahan imbang tim kuat, Panama, dengan skor 1-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Pertandingan berlangsung sengit, di mana Timnas Indonesia U-17 sempat tertinggal terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh Oldemar Castillo pada menit 45+3. Namun, semangat juang tim asuhan Bima Sakti tidak padam. 

Arkhan Kaka menjadi pahlawan dengan sundulannya yang akurat pada menit ke-54, mengamankan satu poin untuk Garuda Asia.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-17 kini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala Dunia U-17 2023 dengan raihan dua poin dari dua pertandingan. Sebelumnya, Indonesia juga meraih satu poin dalam pertandingan melawan Ekuador pada Jumat, 10 November 2023.

Baca juga: Hasil Piala Dunia Timnas Indonesia U-17 Melawan Panama, Kembali Seri

Untuk melangkah ke babak 16 besar, Timnas Indonesia U-17 memiliki tiga opsi. Pertama, mereka bisa menjadi juara Grup A. Kedua, menduduki posisi runner-up, dan ketiga, menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik.

Meskipun jalur peringkat ketiga terbaik dianggap berisiko karena persaingan yang ketat, Timnas Indonesia U-17 tetap memiliki peluang besar. Dalam Piala Dunia U-17 2023, terdapat empat kuota untuk peringkat ketiga terbaik dari setiap grup.

Jalur paling mudah bagi Indonesia adalah meraih kemenangan atas Maroko pada pertandingan terakhir Grup A yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo pada Kamis, 16 November 2023. Jika berhasil, Indonesia akan mengumpulkan lima poin dan dipastikan melaju ke babak 16 besar.

Baca juga: Hasil Piala Dunia U-17 Indonesia dan Ekuador 1-1, Maroko Puncaki Klasmen Sementara

Selain itu, ada kemungkinan Indonesia menjadi juara grup jika Panama sukses mengalahkan Ekuador dalam pertandingan terakhir. Dengan skenario tersebut, Indonesia akan menempati posisi pertama dengan lima poin, unggul atas Maroko di posisi kedua yang mengoleksi empat angka. Sementara Ekuador, yang sudah meraih empat poin, menjadi tim paling aman.

Jika pertandingan berakhir imbang, nasib Timnas Indonesia U-17 akan tergantung pada hasil pertandingan tim lain. Amar Brkic dan kawan-kawan akan menempati urutan ketiga jika Panama U-17 tidak mampu mencuri poin penuh dari Ekuador U-17.

Meskipun demikian, Timnas Indonesia U-17 tetap memiliki peluang melalui jalur peringkat ketiga terbaik, di mana saat ini mereka berada di posisi kedua dari empat tim yang bisa lolos. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews