10 Orang Caleg Mantan Napi di Jambi Ditetapkan Masuk DCT Pemilu 2024 

10 Orang Caleg Mantan Napi di Jambi Ditetapkan Masuk DCT Pemilu 2024 

Ilustrasi

Jambi, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menggelar konferensi pers pada Jumat, 3 November 2023, untuk mengumumkan hasil pleno penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Dalam pengumuman tersebut, terdapat 732 calon legislatif yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) untuk bersaing merebut kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi.

Rincian dari 732 caleg MS ini mencakup 483 calon legislatif laki-laki dan 249 calon legislatif perempuan. 

Ketua KPU Provinsi Jambi, Iron Sahroni, menjelaskan bahwa semua partai politik yang mengajukan calon legislator telah memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca juga: Caleg Lakukan Kampanye Diluar Jadwal: Pidana 12 Tahun dan Denda 12 Juta Penjara Menanti

Selain itu, dalam pengumuman tersebut juga terungkap bahwa dari jumlah calon legislatif yang dinyatakan memenuhi syarat, terdapat 10 calon legislatif yang merupakan mantan narapidana. 
Meskipun memiliki catatan sebagai mantan narapidana, semua dari mereka dinyatakan memenuhi syarat untuk mencalonkan diri dalam Pemilu 2024.

"Untuk calon legislatif yang merupakan mantan narapidana, kami telah melakukan evaluasi yang mendalam. Setelah proses evaluasi, mereka semua dinyatakan memenuhi syarat untuk bersaing dalam pemilu mendatang," ungkap Ketua KPU Provinsi Jambi, Iron Sahroni, dalam konferensi pers tersebut.

Baca juga: Sejumlah Nama Caleg DPRD Karimun Ada yang Berubah di DCT Pemilu 2024

KPU Provinsi Jambi juga mengimbau agar calon legislatif yang merupakan mantan narapidana ini secara transparan mengumumkan status mereka kepada publik melalui media massa, sehingga masyarakat dapat mengetahui latar belakang calon legislatif yang mereka dukung.

Pemilu 2024 di Provinsi Jambi diharapkan akan menjadi ajang yang kompetitif, dengan partisipasi berbagai calon legislatif yang mewakili berbagai lapisan masyarakat, termasuk mereka yang pernah mengalami masalah hukum sebelumnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews