Polres Karimun Minta Masyarakat Waspada Terhadap Hoaks Jelang Pemilu 2024

Polres Karimun Minta Masyarakat Waspada Terhadap Hoaks Jelang Pemilu 2024

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Dalam menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, warga Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), diharapkan untuk berperan aktif dalam mengawasi dan memilah informasi, khususnya terkait dengan berita hoaks dan ujaran kebencian.

Hal ini merupakan upaya untuk menjaga keamanan dan perdamaian dalam kontestasi Pemilu yang semakin mendekat.

Kasubsi Penmas Polres Karimun, Ipda Zulfikar, mengingatkan masyarakat agar berhati-hati terhadap berita-berita yang belum memiliki sumber yang jelas dan belum terverifikasi kebenarannya. Menurutnya, berita hoaks dapat merusak persatuan dan menciptakan ketegangan di antara berbagai kelompok masyarakat.

Baca juga: Gagal Panen di Medan, Harga Cabai di Karimun Meroket

"Tentunya masyarakat harus waspada, jangan mudah percaya akan informasi yang beredar sebelum adanya fakta resmi. Mari bersama kita ciptakan kondisi pemilu yang damai," ujar Ipda Zulfikar.

Humas Polres Karimun juga memberikan beberapa tips kepada masyarakat untuk menghindari penyebaran berita hoaks. Diantaranya yakni, hindari judul yang bersifat provokatif. Baca dan simak keseluruhan artikel. Bedakan artikel opini dan fakta. Tidak membagikan berita yang belum divalidasi sebelumnya.

Melakukan "Reserve Image Search" gambar yang ada di artikel untuk mendeteksi berita hoaks. Mengecek kebenaran artikel di s.id/cekhoax. Mencari informasi di akun resmi KPU. Jika menemukan berita hoax laporkan di aduankonten.id.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews