Rahasia Kernas Natuna, Nugget Ikan dan Sagu yang Menggoda

Rahasia Kernas Natuna, Nugget Ikan dan Sagu yang Menggoda

Kernas, salah satu kuliner khas Natuna. (Foto: Dispar Natuna)

Natuna, Batamnews - Natuna, selain dikenal dengan keindahan alamnya, juga menjadi tempat beragam kuliner lezat. Salah satu kuliner khas Natuna yang patut dicoba adalah makanan yang terbuat dari sagu.

Sagu, yang kaya akan karbohidrat, telah menjadi pilihan kuliner masyarakat Natuna sejak zaman dahulu. Namun, letak geografis Natuna di kawasan Laut Natuna Utara membuat transportasi ke pulau ini menjadi terbatas terutama saat musim angin tertentu.

Keterbatasan pasokan bahan makanan ke Natuna inilah yang mendorong penduduk setempat untuk memanfaatkan sagu yang tumbuh melimpah di pulau ini.

Baca juga: Sensasi Kue Bawang, Kue Kering Khas Melayu yang Renyah dan Gurih

Dalam konteks ini, sagu telah menjadi salah satu makanan ikonik yang melambangkan masyarakat Natuna, hampir setiap rumah di sana memiliki persediaan sagu.

Tak hanya sebagai makanan pokok, sagu juga menjadi bahan utama dalam berbagai hidangan tradisional Natuna. Salah satunya adalah Kernas.

Kernas merupakan salah satu hidangan yang cukup terkenal. Kernas sering disebut sebagai "nugget Natuna" karena bentuknya yang mirip dengan nugget, terbuat dari campuran ikan tongkol yang dihaluskan dan butiran-butiran sagu.

Baca juga: Chef Deni Sumarko Mengubah Wajah Kuliner Batam dengan Konsep Omakase dan Carte Blanche di Kez Bakery & Restaurant

Hidangan ini diberi cita rasa dengan bawang merah, bawang putih, garam, dan sedikit air. Semua bahan tersebut dicampur hingga merata, lalu dibentuk menjadi bulatan pipih. Kemudian, kernas digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Kernas memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, dapat dinikmati langsung atau dicocol dengan sambal jika Anda menginginkan sensasi pedas.

Mendapatkan kernas cukup mudah karena Anda bisa menemukannya di penjual gorengan atau beberapa tempat wisata seperti Pantai Teluk Selahang, Pantai Batu Kasah, dan lainnya. Bahkan, kini tersedia kernas dalam bentuk beku di pasar atau minimarket, sehingga Anda dapat dengan mudah menikmati makanan khas Natuna ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews