5 Fakta Menarik Usai Jonatan Christie Raih Gelar Juara French Open 2023

5 Fakta Menarik Usai Jonatan Christie Raih Gelar Juara French Open 2023

Jonatan Christie berhasil menjuarai French Open 2023. (Foto: PBSI)

Batam, Batamnews - Pada final French Open 2023, Jonatan Christie berhasil mengukir sejumlah prestasi mengesankan. Ia berhasil mengalahkan Li Shi Feng dalam pertandingan yang berlangsung sangat sengit, Minggu, 29 Oktober 2023.

Setelah kalah dalam gim pertama 16-21, Jonatan bangkit dan memenangkan dua gim berikutnya dengan skor 21-15 dan 21-14.

Berikut adalah 5 fakta menarik tentang Jonatan Christie:

1. Tunggal Putra Indonesia dengan Gelar Terbanyak di 2023

Jonatan telah meraih tiga gelar juara pada tahun ini. Sebelum mengamankan gelar di French Open, ia terlebih dahulu mencatatkan prestasi di Indonesia Masters dan Hong Kong Open. Dengan koleksi tiga gelar juara ini, Jonatan unggul dari pemain-pemain Indonesia lainnya seperti Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang hanya meraih satu gelar pada 2023. Tiga gelar dalam satu tahun merupakan prestasi luar biasa bagi Jonatan, mengingat sebelumnya ia hanya pernah meraih dua gelar dalam satu tahun pada 2019.

Baca juga: Final French Open 2023: Bagas/Fikri vs Astrup/Anders, Jonatan vs Lhi Si Feng

2. Gelar Pertama di Kejuaraan Level Super 750

French Open 2023 merupakan kejuaraan BWF Level Super 750 pertama yang berhasil direbut oleh Jonatan. Sebelumnya, lima gelar dalam turnamen BWF yang diraih oleh Jonatan adalah level Super 300 dan Super 500, seperti New Zealand Open, Australian Open, Swiss Open, Indonesia Masters, dan Hong Kong Open. Ia sebelumnya juga pernah mencapai final di dua kejuaraan level Super 750, yaitu Japan Open 2019 dan French Open 2019.

3. Final Kedua di French Open

Jonatan mencapai final kedua di French Open, di mana empat tahun yang lalu ia gagal merebut gelar juara setelah kalah dari Chen Long. Kali ini, dalam final keduanya di French Open, Jonatan berhasil meraih gelar juara.

Baca juga: Tiga Wakil Indonesia Bersaing di Semifinal French Open 2023

4. Jonatan Selalu Menang Lawan Li Shi Feng

Pertandingan dengan Li Shi Feng dalam final French Open 2023 merupakan yang keempat bagi Jonatan. Kemenangan ini menegaskan bahwa Jonatan selalu berhasil mengalahkan salah satu andalan China tersebut. Sebelumnya, Jonatan telah mengalahkan Feng di final Thomas Cup 2020, babak 32 besar German Open 2022, dan perempat final Thomas Cup 2022. Dari empat pertemuan dengan Feng, Jonatan memenangkan tiga pertandingan dalam rubber game dan satu pertandingan dalam straight game.

5. Laga Melawan Li Shi Feng Menjadi Pertandingan Terlama di French Open

Feng menjadi lawan yang membuat Jonatan bermain dalam pertandingan terlama di French Open 2023. Dibandingkan dengan empat pertandingan sebelumnya, duel final melawan Feng merupakan yang paling berlangsung lama. Jonatan membutuhkan waktu satu jam 20 menit untuk mengalahkan Feng. Sebelumnya, waktu terlama yang dibutuhkan oleh Jonatan adalah ketika ia mengalahkan Kodai Naraoka pada babak perempat final yang berlangsung sepanjang tiga gim. Sementara saat mengalahkan Kenta Nishimoto, Lin Chun Yi, dan Loh Kean Yew, Jonatan tidak memerlukan waktu lebih dari satu jam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews