Tantangan PLN yang Akhirnya Mampu Wujudkan Listrik 24 Jam di Desa Rantau Upih

Tantangan PLN yang Akhirnya Mampu Wujudkan Listrik 24 Jam di Desa Rantau Upih

Mobil PLN di sebrangkan untuk memberikan pelayanan Listrik 24 Jam (Foto: Istimewa)

Pekanbaru, Batamnews- PT PLN (Persero) berhasil menuntaskan pembangunan jaringan listrik yang diperuntukan bagi masyarakat di Dusun Rantau Upih, Desa Rokan Timur, Kabupaten Rokan Hulu, Riau pada Kamis (19/10/2023). 

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR), Agung Murdifi menjelaskan, PLN telah merampungkan pembangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 3,5 kilometer sirkit (kms). 

Kemudian, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 4,2 kms dan trafo gardu distribusi sebanyak 1 unit berkapasitas 100 kilo Volt Ampere (kVA) di Dusun Rantau Upih.  

Baca juga: Harimau Liar Berkeliaran di Km.14 Doral Siak, Warga Diminta Waspada

“Kondisi geografis dan infrastruktur jalan yang masih sangat terbatas di dusun tersebut menyebabkan kesulitan mobilisasi material. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan petugas PLN untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan bagi masyarakat,” jelas Agung kepada wartawan, Senin (23/10/2023). 

Agung menambahkan, penantian panjang warga Dusun Rantau Upih telah berakhir dengan adanya realisasi program listrik desa. 

Aktivitas masyarakat akan semakin produktif dan lebih efisien. Agung juga menghimbau agar warga ikut berperan aktif dalam menjaga aset PLN secara bersama-sama demi terjaganya suplai listrik yang andal dan berkualitas. 

Baca juga: Pasutri di Indragiri Hilir Riau Jadi Pengedar Sabu, Terancam 20 Tahun Penjara

“Kami terus berusaha melistriki hingga ke pelosok negeri dengan sumber daya yang dimiliki agar rasio elektrifikasi bisa mencapai 100 persen," ujar dia. 

Agung juga menjelaskan, adanya listrik PLN di daerah tersebut merupakan bukti kehadiran negara melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) guna mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews