Nikmatnya Sempolet, Kuliner Khas Melayu Riau yang Mirip Papeda Papua

Nikmatnya Sempolet, Kuliner Khas Melayu Riau yang Mirip Papeda Papua

Sempolet, kuliner khas Melayu Riau.

Meranti, Batamnews - Peradaban Melayu Riau meninggalkan berbagai tradisi dan seni budaya, yang hingga kini masih dilestarikan. Salah satunya kuliner dengan rempah-rempah Indonesia, yang rasanya sangat khas, nikmat dan juga mengenyangkan.

Seperti di Kabupaten Kepulauan Meranti Riau, ada salah satu makanan yang cukup terkenal, yaitu sempolet. Berbahan sagu, Sempolet sangat mirip dengan Papeda, makanan khas Papua. Jika Papeda dinikmati bersama ikan, Sempolet justru variatif.

Makanan ini ibaratnya seperti seperti cream soup berkuah pedas. Namun Sempolet terbuat dari sagu, yang dicampur dengan sayuran pakis beserta udang, teri, siput atau daging kerang.

Baca juga: Sate Kerang Bumbu Rendang Kelapa Sangrai, Hidangan Khas Medan yang Mendunia

Sayuran hijau termasuk pakis-pakisan, kangkung serta daun lainnya mengandung serat dan vitamin yang tinggi dan baik untuk pencernaan. Ada juga campuran udang, yang mengandung kadar protein yang tinggi.

Tidak hanya mengenyangkan, sempolet tetapi juga menjadi asupan protein dan serat yang bermanfaat bagi tubuh.

Sempolet dapat dinikmati selagi hangat sebelum mengental karena dingin. Perlu diketahui, Sempolet tidak bisa dipanaskan berulang-ulang, karena akan mengubah rasa dan bentuknya.

Oleh karena itu, sempolet jarang dijual dan hanya dibuat di rumah pada acara-acara tertentu. Seperti acara tradisi, perhelatan pemerintahan di kabupaten atau hari-hari besar lainnya.

Baca juga: Mengenal Kuliner Asam Pedas yang Dimasak Bupati, Sekda hingga Kepala OPD dalam Lomba Masak di Karimun

Untuk Kepulauan Meranti masakan ini cukup banyak ditemukan di Selatpanjang salah satunya yang cukup terkenal yaitu Warung Mi Sagu Bude di jalan Rintis, Selatpanjang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews