Mengenal Kuliner Asam Pedas yang Dimasak Bupati, Sekda hingga Kepala OPD dalam Lomba Masak di Karimun

Mengenal Kuliner Asam Pedas yang Dimasak Bupati, Sekda hingga Kepala OPD dalam Lomba Masak di Karimun

Kuliner ikan asam pedas. (Foto: ist/net)

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar lomba memasak antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat. Lomba berlangsung dengan penuh keseruan dan cita rasa.

Kegiatan tersebut digelar masih dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Karimun ke-24 tahun, yang selenggarakan di Halaman Rumah Dinas Bupati Karimun, Minggu (15/10/2023).

Dalam lomba memasak itu, juga diikuti oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sekda Karimun M Firmansyah dan kepala badan maupun kepala dinas. Mereka berlomba memasak asam pedas dan nasi goreng.

Baca juga: Bupati, Sekda hingga Kepala OPD Pemkab Karimun Berlomba Masak Asam Pedas dan Nasi Goreng

Namun tahukah anda tentang kuliner asam pedas khas Melayu ini?

Berlatar belakang Melayu, Kepulauan Riau memiliki koleksi kuliner khas. Namanya ikan asam pedas. Kuliner ini tersedia di setiap sudut wilayah Karimun bahkan Provinsi Kepri. Sebab, budaya Melayu memang identik dengan kuliner ikan asam pedas ini.

Pada dasarnya bahan baku kuliner ini luas cakupannya, baik ikan laut maupun air tawar. Semua bisa diolah menjadi sajian istimewa dengan rasa juara.

Menghasilkan cita rasa nikmat, ikan asam pedas banyak menggunakan bumbu rempah berkualitas. Dan, untuk memunculkan rasa pedas dipakai cabai kering dan lada hitam.

Baca juga: Reza D'Academy Pukau Ribuan Warga di Gebyar Pesona HUT Ke-25 Karimun di Kundur

Kesegaran rasa lain dimunculkan dari asam jawa. Selain nikmat, aromanya juga harum dan menggugah selera makan. Ikan asam pedas Melayu didominasi oleh citarasa dari lada hitam dan asam jawa.

Selain itu, asam pedas Melayu juga menggunakan cabai kering dan air. Penambahan lada hitam akan membuat kuah lebih terasa pedasnya.

Jenis ikan yang lebih enak dimasak dengan metode ditumis adalah ikan selar, ataupun ikan yang mempunyai daging tebal. Tetapi kalau ikan yang tidak mempunyai daging terlalu tebal, lebih enak dengan cara direbus saja. Seperti ikan dingkis, ataupun ikan lambai.

Ikan yang dimasak asam pedas ini mempunyai rasa pedas, asam, dan sedikit rasa manis dari ikannya. Ikan terasa begitu lembut dan bumbu rempah-rempah yang meresap hingga ke bagian dalam daging ikan.

(ruz/aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews