Batam Masih Jalur Favorit Penyelundupan Narkoba dan Prekusor, Ini Buktinya

Batam Masih Jalur Favorit Penyelundupan Narkoba dan Prekusor, Ini Buktinya

Kepala Bea Cukai Batam Nugroho Wahyu Widodo saat konferensi pers. (Foto: Edo/BATAMNEWS)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sepanjang tahun 2015, KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam berhasil melakukan penindakan dan menggagalkan penyelundupan Narkoba, Psikotropika, dan Prekursor (NPP) sebanyak 32 kali.

 

Penyelundupan tersebut banyak terjadi di Pelabuhan Ferry International Batam Centre, dari penumpang yang berasal dari Malaysia. "Sepanjang 2015, KPU Bea dan Cukai Tipe B melakukan 32 kali penindakan kasus Narkoba," ujar Kepala Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe B, Nugroho Wahyu, saat jumpa pers, Selasa (26/1/2016).

 

Nugroho mengatakan, dari 32 penindakan tersebut, tercatat 30 kasus terjadi di Pelabuhan Ferry International Batam Centre dan 2 kasus terjadi di Bandara International Hang Nadim.

 

"Sepanjang 2015, Bea dan Cukai berhasil mengamankan 12.549 gram jenis shabu," kata Nugroho.

 

Ia menjelaskan, penindakan tersebut banyak berasal dari Malaysia. Ada 27 kali penangkapan rute Malaysia-Batam dan 3 rute Batam-Surabaya.

 

"Cara penyelundupan bermacam-macam, seperti menyimpan dalam sepatu, tas, dan disimpan di dalam perut," papar Nugroho.

 

Ia menambahkan, saat ini KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam memiliki tiga ekor anjing pelacak yang didatangkan di Jakarta. "Kami punya tiga K9 baru, dan dua ekor yang lama sudah kita kirim lagi ke Jakarta," ucapnya.

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews