Krisis Kemanusiaan di Gaza, 5 Negara Ini Dukung Palestina dalam Perang Israel-Hamas

Krisis Kemanusiaan di Gaza, 5 Negara Ini Dukung Palestina dalam Perang Israel-Hamas

Keluarga di Gaza Tewas Saat Rumahnya Kena Rudal Israel (Foto: AP/Hatem Ali Satu)

Gaza, Batamnews - Perang antara Hamas dan Israel yang terjadi sejak Sabtu (7/10/2023) semakin meluas di Jalur Gaza. Kondisi memprihatinkan terjadi dengan lebih dari 2 juta warga terkepung di dalamnya.

Ketersediaan bahan bakar, air, makanan, dan listrik semakin menipis akibat blokade yang diberlakukan oleh Israel. PBB telah memberikan peringatan kepada 1,1 juta warga Gaza untuk segera mengungsi dari utara Jalur Gaza karena ada ancaman serangan dari Israel.

Dalam perang ini, dua kubu negara terbentuk, yaitu negara yang mendukung Israel dan negara yang mendukung Palestina. Berikut adalah negara-negara yang mendukung atau membela Palestina dalam perang Israel-Hamas:

Baca juga: Israel Umumkan Gencatan Senjata Selama 5 Jam di Selatan Jalur Gaza

1. Kanada: Kanada akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina, dengan penekanan bahwa bantuan tersebut untuk kemanusiaan dan pembangunan warga Palestina, bukan untuk mendukung serangan Hamas.

2. Iran: Iran telah lama menjadi pendukung utama Hamas dalam hal persenjataan, pelatihan militer, dan dana. Demonstrasi di seluruh Iran digelar untuk mendukung Hamas dan menentang pengeboman Israel di Jalur Gaza.

3. Turki: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengutuk tindakan Israel dan mengecam pemboman serta blokade Gaza. Turki juga telah menyiapkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Baca juga: Daftar Negara yang Mengkritik Keras Serangan Israel ke Gaza: Adakah Indonesia?

4. China: China mengumumkan pengiriman bantuan kemanusiaan mendesak ke Jalur Gaza dan Otoritas Palestina melalui saluran PBB. Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, menyalahkan ketidakadilan yang dirasakan Palestina sebagai akar penyebab konflik di Timur Tengah.

5. Indonesia: Dukungan bagi Palestina juga ditunjukkan oleh Indonesia melalui penggalangan dana dan upaya diplomasi. Duta Besar Palestina di Indonesia berupaya meminta bantuan bagi masyarakat Palestina di Gaza, dan organisasi seperti Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) siap mengirim bantuan medis ke Gaza. Pemerintah Indonesia mendukung upaya untuk menghentikan kekerasan dan perang di Palestina dan Israel.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews