Kapolda Riau Instruksikan Dirreskrimsus Selidiki Karhutla di Inhu dan Inhil

Kapolda Riau Instruksikan Dirreskrimsus Selidiki Karhutla di Inhu dan Inhil

Ilustrasi petugas melakukan pemadaman api akibat karhutla.

Pekanbaru, Batamnews - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal dengan tegas memerintahkan tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), melakukan penyelidikan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah.

Kali ini tim yang diturunkan untuk penyelidikan Karhutla di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil). Tim ini dipimpin Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Teguh Widodo.

“Saya sudah perintahkan Dirkrimsus turun ke dua lokasi tersebut untuk lidik penyebab karhutla di sana,” kata Kapolda Riau, Kamis (12/10/2023).

Kapolda mengatakan, tim ini diturunkan untuk memastikan karhutla yang terjadi di sana disebabkan faktor alam atau disengaja. Jenderal bintang dua ini menyampaikan, pemadaman api di dua wilayah tersebut dilakukan tim gabungan dipimpin AKBP Dody Wirawijaya.

Baca juga: Dampak Elnino: Stok Pangan Beras di Riau Menipis, Ancam Ketersediaan Nasional

Alumni Akpol 1991 ini menjelaskan, upaya pendinginan akan terus dilakukan karena vegetasi di lahan tersebut adalah gambut.

“Alhamdulillah berkah hujan, InsyaAllah mempercepat pendinginan. Api telah dipadamkan saat ini dilanjutkan pendinginan,” ucap mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini.

Sementara itu, Kasubdit Penmas Polda Riau Kompol Bob Martin menyampaikan, rekap hotspot per tanggal 2 sampai dengan tanggal 8 Oktober 2023 jumlah luas lahan yang terbakar 192,48 hektar.

Sementara itu, untuk penegakkan hukum sejak tanggal 25 September hingga Oktober diproses satu kasus dengan seorang tersangka.

Baca juga: Sembilan Calon Dirut Bank Riau Kepri Syariah Lolos Administrasi: Berikut Nama-namanya

“Upaya pencegahan masing berlanjut dengan penyuluhan, sebar maklumat, pasang spanduk, FGD, patroli karhutla melalui darat laut udara, serta melakukan apel siaga dan pemadaman serta pendinginan,” jelas Bob Martin.

Sementara itu, Gakkum karhutla Provinsi Riau sejak Januari hingga tanggal 1 Oktober 2023 menangani 36 kasus.

“Total tersangka sebanyak 35 orang dengan luas lahan yang terbakar 1.224,5 hektar,” jelas Bob Martin.

Terbaru, jelas Bob Martin, untuk kebakaran lahan seluas 208 hektar di Inhu, 12,5 hektar di Kuansing dan 11,5 hektar di Rohul serta terakhir 10 hektar di Pelalawan telah berhasil dipadamkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews