Kota Tanjungpinang Dapat Dana Bagi Hasil Sawit sebesar Rp1,5 Miliar untuk Infrastruktur Jalan

Kota Tanjungpinang Dapat Dana Bagi Hasil Sawit sebesar Rp1,5 Miliar untuk Infrastruktur Jalan

Buah Sawit

Tanjungpinang, Batamnews - Kota Tanjungpinang, yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, kini merayakan pencapaian bersejarah dengan berhasil meraih Dana Bagi Hasil (DBH) dari komoditas sawit sebesar Rp1,5 miliar pada tahun 2023. 

Hal ini merupakan pencapaian pertama bagi Kota Tanjungpinang dalam menerima DBH sawit.

Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Rusli, dengan antusias mengumumkan berita ini pada hari Rabu, 4 Oktober 2023. Menurutnya, dana tersebut akan digunakan untuk memajukan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah kota tersebut.

"Tanjungpinang kecipratan DBH sawit kurang lebih Rp1,5 miliar. Ini baru pertama kita dapat bagian dari itu," ujar Rusli, mengungkapkan kebahagiaannya.

Baca juga: HUT TNI di Kepulauan Riau digelar di Pelataran Tugu Sirih, Tanjungpinang

Keberhasilan ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa Kota Tanjungpinang memiliki lokasi yang strategis, berbatasan langsung dengan Kabupaten Bintan yang dikenal sebagai salah satu produsen sawit terkemuka di wilayah tersebut. 

Sebagai hasilnya, Kota Tanjungpinang mendapatkan manfaat dari DBH yang diberikan oleh Kabupaten Bintan.

Dana Bagi Hasil ini nantinya akan diinvestasikan dalam pembangunan jalan-jalan yang akan berfungsi sebagai infrastruktur penunjang untuk angkutan keluar-masuk komoditas sawit. 

Salah satu rencana pembangunan yang telah disusun adalah pembangunan jalan di sepanjang wilayah Indonesia Timur yang berdekatan dengan Sungai Pulai, yang juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Bintan.

Baca juga: Komitmen Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam Temu Wicara Masyarakat

Dengan adanya tambahan dana ini, diharapkan Kota Tanjungpinang akan lebih siap untuk meningkatkan konektivitas dan mendukung pertumbuhan sektor perkebunan sawit di wilayah tersebut. 

Ini juga dianggap sebagai langkah positif menuju peningkatan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di Kota Tanjungpinang.

Kota Tanjungpinang berharap bahwa kerja sama yang erat dengan Kabupaten Bintan akan terus berlanjut, membawa manfaat positif bagi kedua wilayah ini, serta memajukan sektor pertanian dan infrastruktur di Kepulauan Riau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews