Sosialisasi Pendidikan Politik, Kesbangpol Karimun Siapkan Generasi Milenial Jadi Pemilih Terampil

Sosialisasi Pendidikan Politik, Kesbangpol Karimun Siapkan Generasi Milenial Jadi Pemilih Terampil

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karimun telah menggelar sosialisasi khusus untuk pemilih milenial di Karimun.

Karimun, Batamnews - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karimun telah menggelar sosialisasi khusus untuk pemilih milenial di Karimun. Acara ini bertemakan 'Sosialisasi Pendidikan Politik dan Etika Budaya Politik Bagi Pemilih Milenial dalam Pemilu Serentak Tahun 2024'.

Sosialisasi ini berlangsung di Hotel Alisan pada Rabu (4/10/2023) dan dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dan pelajar SMA/SMK yang telah mencapai usia cukup untuk menjadi pemilih, serta mereka yang akan memenuhi syarat pemilih (17 tahun) pada tahun mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran partai politik dan lembaga pendidikan melalui pendidikan politik serta pengembangan etika dan budaya politik. Untuk mencapai hal ini, narasumber dari Pemkab Karimun, Kesbangpol, dan KPU diundang untuk memberikan wawasan.

Baca juga: Lowongan Kerja: PT Asus Service Indonesia Buka Posisi HR Assistant Manager di Batam

Sosialisasi ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemda Karimun dalam mendukung kesuksesan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 melalui Kesbangpol.

Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Karimun, Aribowo Hadibroto, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pemilih milenial.

“Tujuannya, menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan Pemerintah Daerah sesuai kepentingan Daerah dalam mendukung terselenggaranya fungsi pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas, dan manfaat untuk masyarakat,” kata Bowo, saat diwawancara usai kegiatan.

Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, kondisi politik yang aman dan damai dapat diciptakan pada Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Pangja Hangtiga: PAN Lingga Siap Berkontribusi Mohon Tunjuk Ajar Restu dan Dukungan   

“Serta membentuk pemilih milenial yang mandiri, kritis, mendorong pemilih milenial yang sadar politik serta meminimalkan konflik ditengah masyarakat,” ujar Bowo.

Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 akan menjadi momen penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia lima tahun ke depan. Jadwal dan tahapan Pemilu 2024 sudah ditetapkan, dengan hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024, sementara Pilkada akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

“Ini, kita tidak mengkampanyekan sesuatu, kita berikan pemahaman pada pemilih pemula atau milenial,” ucapnya.

Peserta sosialisasi sangat antusias, banyak dari mereka mengajukan pertanyaan kepada narasumber untuk memahami lebih lanjut tentang menjadi pemilih pemula.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews