BRIN Pamerkan Inovasi Pangan Mie Instan Dari Sagu di Rakernas PDI Perjuangan

BRIN Pamerkan Inovasi Pangan Mie Instan Dari Sagu di Rakernas PDI Perjuangan

Pohon Sagu

Jakarta, Batamnews - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) turut serta dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan memamerkan sejumlah produk pangan inovatif hasil riset serta teknologi pendukung pertanian. 

Acara yang berlangsung pada Sabtu, 30 September 2023, ini menjadi wadah bagi BRIN untuk memperkenalkan kontribusi besar dalam bidang riset dan inovasi di sektor pertanian.

Salah satu produk unggulan yang dipamerkan adalah Sagoomie, mie kemasan yang terbuat dari sagu. Tidak hanya itu, ada pula Japangi, minuman jahe instan yang diolah untuk meningkatkan kebugaran tubuh. 

Produk lainnya adalah Purula, makanan berbentuk flake tabur yang berfungsi sebagai makanan pendamping untuk meningkatkan asupan zat besi harian. Purula memiliki kelebihan dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah, yang dapat membantu mencegah anemia.

Baca juga: Ivan Yustiavandana PPATK Ungkap Analisis 159 Juta Transaksi Judol dengan Nilai Rp 160 Triliun

Selain produk-produk pangan inovatif, BRIN juga memamerkan teknologi pendukung pertanian yang menarik perhatian siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang turut hadir dalam pameran. 
Inaero, alat canggih yang mirip pesawat terbang, digunakan untuk mengukur luas lahan dan mengidentifikasi jenis tanaman serta memiliki berbagai fungsi lainnya.

Ada juga Aeropro Sprayer, alat serupa drone yang dapat digunakan untuk penyemprotan pupuk atau pestisida.

Teknologi lain yang dipamerkan adalah AeroAgri, yang berfungsi untuk mengukur unsur hara dalam tanah dengan presisi tinggi menggunakan anemometer dan arah angin ultrasonic. Informasi yang dihasilkan oleh teknologi ini dapat dengan mudah dipahami oleh petani melalui aplikasi.

Baca juga: Indonesia Tetap di Posisi ke-12 pada Klasemen Asian Games 2022 Hangzhou

Darwin Kadir, salah satu perwakilan dari BRIN, berharap bahwa apa yang dipamerkan oleh BRIN dapat memotivasi pengunjung, terutama siswa-siswi SMK, untuk terlibat dalam penelitian dan inovasi. Dia juga menyoroti kontribusi para siswa dalam menciptakan inovasi dan terobosan.

Rakernas IV PDIP mengangkat tema 'Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'. Pameran Pangan Plus 2023 menjadi salah satu wadah untuk menunjukkan peran PDIP sebagai penggerak dalam membangun kedaulatan pangan. 

Acara ini mempertontonkan transformasi potensi pangan daerah yang dapat menjadi produk pangan unggulan di masa depan, seperti budidaya padi, sorgum, porang, sagu, singkong, jagung, kelapa coklat, tebu, unggas ruminansia, ikan, dan produk pangan olahan.

Peserta Pameran Pangan Plus 2023 terdiri dari 70 persen UMKM binaan PDI Perjuangan dan 30 persen dari mitra swasta nasional. Dalam acara ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai hasil pemberdayaan sektor pertanian dari hulu hingga hilir. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews