E-ticketing Kapal Penumpang Segera Hadir di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kepri

E-ticketing Kapal Penumpang Segera Hadir di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kepri

Kapal Tujuan Tanjungbalai Karimun bersandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura (Foto: Jali)

Tanjungpinang, Batamnews - Penerapan tiket elektronik atau E-ticketing untuk kapal penumpang segera akan menjadi kenyataan di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kepri, Junaidi, mengumumkan bahwa semua pihak terlibat telah menandatangani pakta integritas untuk mempercepat implementasi E-ticketing ini.

"Sudah keharusan untuk penerapan digitalisasi di Kepri, termasuk e-tiketing," ujar Junaidi dalam rapat koordinasi Implementasi E-ticketing kapal penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura yang berlangsung di Nite & Day Laguna Hotel pada Jumat (29/09).

Baca juga: Hasan Perintahkan Satpol PP Tertibkan Tiang dan Kabel untuk Keindahan Kota Tanjungpinang

Junaidi juga mengakui bahwa Kepri saat ini agak tertinggal dalam hal sistem digital, terutama dalam sektor transportasi. "Kami mendorong seluruh pihak untuk menerapkan sistem digitalisasi, khususnya dalam pengelolaan pelabuhan," tambahnya.

Menurut Junaidi, prinsipnya semua pihak mendukung penerapan sistem digitalisasi ini dan berjanji untuk segera mengimplementasikannya. "Secepatnya akan diterapkan," ujar Junaidi.

Kepala Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan Tanjungpinang, Ridwan Chaniago, menjelaskan bahwa setelah semua pihak menyetujui dan siap, sistem E-tiketing akan segera diterapkan. 

Pelindo, perusahaan pelabuhan, saat ini sedang mempersiapkan sistem digital untuk pelabuhan dan akan menjalin kerja sama dengan operator kapal.

Baca juga: KPK Temukan Senjata Api dan Uang Puluhan Miliar di Rumah Dinas Mentan SYL Segini Nilainya!

"(E-tiketing diterapkan) lebih cepat lebih bagus, saya tidak bisa menentukan kapan diterapkan, kita pemerintah hanya bisa mendukung. Saya kira semua mendukung," kata Ridwan.

Ridwan juga menyoroti manfaat dari E-tiketing, yang akan memberikan kemudahan kepada masyarakat. "Kegunaannya untuk keselamatan pelayaran, manifestasi kapal. Dengan sistem integrasi ini nanti dapat diketahui dengan single data," jelasnya.

Diharapkan dengan penerapan E-ticketing ini, proses perjalanan penumpang kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura akan menjadi lebih efisien dan transparan, serta meningkatkan pengalaman penumpang dalam menggunakan layanan transportasi laut di wilayah Kepri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews