Pelaksanaan E-Ticketing Kepulauan Riau Akan Segera Diberlakukan

Pelaksanaan E-Ticketing Kepulauan Riau Akan Segera Diberlakukan

Antrian Tiket masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Tanjungpinang, Batamnews, Advertorial - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Junaidi, mengumumkan bahwa pelaksanaan tiket elektronik (E-Ticket) dalam layanan di seluruh pelabuhan laut di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kini menjadi keharusan.

Menurut Junaidi, langkah ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan pada tahun 2020. 

Untuk mengimplementasikan hal ini, Gubernur Kepri telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur nomor 55 tahun 2023 yang memerintahkan pelaksanaan E-ticketing.

Junaidi menjelaskan bahwa hampir seluruh pelabuhan di Kepri saat ini masih menerapkan sistem pelayanan manual. 

Baca juga: Gubernur Kepulauan Riau Dukung Program Kelas Internasional di Bidang Keperawatan

Dalam era globalisasi dan digitalisasi, serta sesuai dengan instruksi Presiden pada tahun 2020, upaya digitalisasi transportasi laut di Kepri masih mengalami stagnasi.

"Dalam konteks ini, kami memahami bahwa digitalisasi transportasi laut menjadi prioritas Gubernur Kepri, dan pelaksanaan E-ticketing adalah langkah awal yang signifikan dalam mencapai tujuan tersebut," ujar Junaidi.

Ia juga menyoroti sejumlah manfaat E-ticketing, termasuk kemudahan bagi penumpang dan peningkatan dalam aspek keselamatan berlayar yang dapat diawasi oleh pemerintah.

Baca juga: 796 Pedagang Tanjungpinang Bersiap Menempati Pasar Baru Setelah Menerima SK dari Wali Kota

"Melalui E-ticketing, validasi penumpang, daftar penumpang di kapal sesuai dengan manifest, dan kepatuhan terhadap jadwal dapat diawasi dengan lebih baik. Hal ini harus menjadi perhatian bersama kita," tambahnya.

Dengan demikian, pelaksanaan tiket elektronik di seluruh pelabuhan laut di Provinsi Kepulauan Riau menjadi langkah penting dalam meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan mengikuti perkembangan globalisasi serta digitalisasi dalam sektor transportasi laut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews