Gebyar Melayu Pesisir 2023: Festival Budaya dan Panggung Para Pelaku UMKM di Kepulauan Riau

Gebyar Melayu Pesisir 2023: Festival Budaya dan Panggung Para Pelaku UMKM di Kepulauan Riau

Gebyar Melayu Pesisir 2023 resmi dibuka, Selasa (26/9/2023) malam (asrul)

Batam, Batamnews - Gebyar Melayu Pesisir 2023, sebuah festival budaya dan bisnis telah dibuka di Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (26/9/2023) malam. Acara ini menandai sebuah momen bersejarah sebagai panggung bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekaligus sebagai perayaan kekayaan budaya Melayu di wilayah ini.

Suryono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepulauan Riau, menjelaskan bahwa Gebyar Melayu Pesisir (GMP), yang juga bekerja sama dengan kegiatan pasar dagang (expo) Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT), bertujuan untuk mendukung UMKM di Kepulauan Riau dalam memperluas jaringan pasar dan mempromosikan produk-produk mereka.

"Ini adalah acara unggulan dalam pengembangan UMKM yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau sebagai bagian dari strategi Bank Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif melalui pengembangan UMKM," kata Suryono.

Baca juga: Sejumlah Warga Rempang Bersedia Pindah demi Pengembangan Rempang Eco-City

Selain kegiatan bisnis, rangkaian GMP juga mengadakan acara yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan, termasuk mempermudah bertransaksi dengan UMKM menggunakan QRIS Cross Border.

Suryono menambahkan bahwa Bank Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Malaysia dan Thailand dalam penerapan QRIS antarnegara.

"Kami sudah berkolaborasi dengan Malaysia dan Thailand dalam program QRIS Cross Border, sehingga wisatawan asing dapat dengan mudah berbelanja produk Indonesia menggunakan QRIS tanpa perlu khawatir tentang konversi mata uang, menghilangkan ketergantungan pada layanan penukaran uang (money changer)," ujar Suryono.

Baca juga: Bolu Kemojo Riau, Kelezatan Kuliner Tradisional yang Menggugah Selera

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar, yang turut hadir dalam pembukaan acara GMP, berharap bahwa dengan kehadiran UMKM dari Malaysia dan Thailand, jaringan pasar untuk UMKM Indonesia dapat diperluas lebih luas lagi.

"Saya yakin jika sudah terbangun, sudah ada embrio-embrio, memperbesar dan memperluasnya tidak akan terlalu sulit."

Puncak acara GMP 2023 akan berlangsung selama lima hari di Batam, tepatnya di kawasan Harbour Bay. Berbagai acara menarik akan digelar, mulai dari bazar produk UMKM, fashion show, seminar UMKM ekspor hub, seminar cross-border QR payment, festival budaya, jalan sehat, hingga penampilan band GIGI.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews