Pemerintah Umumkan Merek Resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Whoosh

Pemerintah Umumkan Merek Resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Whoosh

Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu sekarang bernama Whoosh (ilustrasi/foto biro pers setneg)

Batam, Batamnews - Kereta Cepat Jakarta-Bandung, salah satu proyek infrastruktur terbesar di Indonesia, kini resmi memiliki identitas jenama (merek/branding) yang diberi nama "Whoosh." 

Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah melalui serangkaian penilaian oleh tim penilai yang dipimpin oleh Triawan Munaf sejak bulan Juli 2023.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan bahwa penamaan "Whoosh" merupakan hasil dari sayembara terbatas pembuatan desain identitas jenam. Tim penilai terdiri dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menhub Budi Karya Sumadi. 

Baca juga: Bandara Changi Singapura Memperkenalkan Izin Imigrasi Otomatis Tanpa Paspor Mulai 2024

Keputusan ini juga merupakan respons terhadap arahan Presiden Joko Widodo untuk memberikan identitas jenama yang mencerminkan nilai-nilai dari Kereta Api Cepat, yang menjadi prestasi dan kebanggaan Indonesia.

Filosofi di balik nama "Whoosh" berasal dari suara lesatan kereta cepat yang umum diucapkan, baik oleh masyarakat Indonesia maupun internasional. 

Nama ini juga mencerminkan status kereta cepat Indonesia sebagai yang tercepat di Asia Tenggara saat ini. Selain itu, "Whoosh" adalah singkatan dari 'Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal,' yang menjadi identitas dari kereta cepat tersebut.

Sayembara ini diikuti oleh 10 agensi terpilih yang memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik. Dari 10 kandidat, tiga desain jenama terbaik dipilih untuk dinilai lebih lanjut.

Baca juga: Klaim Budaya dan Kesenangan Malaysia pada Produk dan Tradisi Indonesia

Menhub Budi Karya berharap bahwa penamaan ini akan meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap kereta cepat, yang akan membawa peradaban baru dan membuat Indonesia semakin diperhitungkan di dunia. Ini juga diharapkan akan mendukung terwujudnya visi misi Indonesia Emas di tahun 2045.

Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia, Triawan Munaf, mengungkapkan bahwa memberikan jenama atau branding adalah langkah penting dalam memperkenalkan program atau produk baik oleh pemerintah maupun non-pemerintah.  

"Kini kita memiliki kereta cepat yang perlu memiliki jenama yang sesuai agar semakin populer dan disukai oleh masyarakat. Sekarang kita semua memiliki sebutan untuk kereta cepat, bukan lagi naik KCIC atau KCJB, tapi naik Whoosh," ungkap Triawan seperti dikutip republika, Sabtu (23/9/2023).

Baca juga: Komnas HAM Menyesalkan Kekerasan dan Pemindahan Paksa di Pulau Rempang: Harusnya Dialog Persuasif

Tiga desain jenama terbaik berasal dari agensi Visious Studio, Ou Creative, dan Feat. Masyarakat dapat melihat karya-karya terbaik para desainer jenama kereta cepat di situs kcic.co.id/jenamakeretaapicepat/.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews