Psikologi Menabung untuk Keluarga

Psikologi Menabung untuk Keluarga

Ilustrasi menabung.

Oleh Dr. H. Irfan Aulia, M.Psi

Ada sebuah eksperimen di ilmu psikologi yang terkenal dengan istilah marshmallow effect. Penelitian ini membahas tentang anak-anak yang mampu menahan diri. Pada penelitian ini, anak-anak ditawarkan jika mampu menahan diri sampai peneliti datang lagi, maka akan mendapatkan tambahan marsh mallow.

Saat ditanya apa yang mereka lakukan sehingga dapat menahan diri, anak-anak ini menceritakan berbagai strategi seperti ada yang membayangkan awan dan ada yang melakukan kesibukan yang lain. Anak-anak ini menciptakan strategi untuk mampu menahan diri dan mengalihkan keinginan sehingga mendapatkan imbalan yang lebih baik.

Anak-anak yang mampu menahan diri dan mendapatkan tambahan marshmallow ini kemudian diteliti lagi saat mereka beranjak besar. Sebagian besar ternyata mempunyai karier yang baik dan jarang terlibat dengan kejahatan.

Baca juga: Konflik Pulau Rempang

Apa kaitannya dengan menabung? Menabung merupakan satu kebiasaan untuk menahan diri. Beberapa orang menabung karena ingin mendapatkan imbalan yang lebih baik atau ingin membeli sesuatu.

Ada satu lagi manfaat menabung dalam psikologi uang yang bermanfaat untuk keluarga. Yaitu belajar menahan diri. Ketika anda sebagai orang tua mengajarkan diri anda dan anak-anak menahan diri maka anda akan terbiasa memilih prioritas. Mana yang penting dan mana yang kebutuhan.

Di dalam keluarga seringkali naiknya pendapatan juga beririsan dengan naiknya gaya hidup. Hal ini mengakibatkan semakin banyak uang yang masuk, makin banyak pula uang yang keluar. Akibatnya uang menjadi tak pernah cukup. Rasa cukup yang menghilang akan mengakibatkan kegelisahan dan perilaku berbahaya dalam finansial.

Baca juga: Love Scamming: Ketika Romansa Cinta Berubah Menjadi Bencana

Morgan heiss dalam psikologi uang mengingatkan yang penting bukan sekedar menjadi kaya namun mampukah anda mengelola kekayaan anda. Ini berarti anda mampu mengelola penerimaan anda menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk diri anda, keluarga, dan masyarakat.

Penulis adalah seorang Psikolog Muda di Kepri dan Inisiator Gerakan Kepri Ramah Anak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews