Merawat Kemerdekaan

Merawat Kemerdekaan

Dr. H. Irfan Aulia, M.Psi

Oleh: Dr. H. Irfan Aulia, M.Psi

KITA baru saja memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023 lalu. Kemeriahaannya masih kita rasakan hingga akhir bulan Agustus nanti dengan beragam perayaan pesta rakyat. Pertanyaan setelah perayaan adalah sejauh mana kita mampu merawat kemerdekaan.

Sebagai contoh kita dapat membangun satu bangunan, semisal jalan atau halte. Pada awal pembangunan, jalan masih nampak bagus dan terawat.

Lalu coba ditengok setelah lewat lima atau sepuluh tahun, apakah masih bagus dan terawat.

Saya sering melihat bangunan megah namun tidak terlihat terawat. Bangunan masih gagah, namun sudah banyak fungsi yang tidak berjalan optimal.

Sekarang kembali kepada narasi merawat kemerdekaan. Saat ini kita sudah menjadi negara. Pertanyaannya sudah kah kita merawat kemerdekaan? Sudah berapa banyak anggaran dan perhatian ditujukan untuk merawat NKRI?Perawatan ini baik secara fisik ataupun psikologis.

Secara fisik apakah kita semakin mampu merawat infrastruktur yang menyatukan kita sebagai warga NKRI. Secara psikologis sudah semakin percaya kah kita dengan sesama warga bangsa.

Ini adalah bagian indikator yang perlu kita bangun untuk merawat kemerdekaan.

Saat ini mungkin sudah banyak yang bercerita mengenai merawat kemerdekaan. Ada yang lewat jalur peduli sampah, ada yang jalur lewat peduli pantai, ada yang lewat ketahanan keluarga.

Hal-hal ini bagus dan perlu terus kita gaungkan sebagai rasa syukur telah mendapatkan kemerdekaan.

Penulis adalah Psikolog Muda yang Berdomisili di Kota Batam, Kepulauan Riau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews