Kapolresta Barelang Sambut Kedatangan Aliansi Mahasiswa: Selamat Datang, Monggo!

Kapolresta Barelang Sambut Kedatangan Aliansi Mahasiswa: Selamat Datang, Monggo!

Kapolresta Barelang Kombes Nugroho menyambut kedatangan aliansi mahasiswa se-Kota Batam di DPRD Kota Batam (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews.co.id - Kapolresta Barelang Kombes Pol. Nugroho Tri N, menyambut kedatangan puluhan mahasiswa di Kantor DPRD Kota Batam, Jalan Engku Putri, Batam Centre, Kota Batam, Provinsi Kepri. 

"Kita gak mau rubuh Kota Batam. Kita generasi ini penerus bangsa. Kita buktikan murid bisa tertib dan santun. Selamat datang, selamat melakukan dialog, monggo" ujar Kombes Nugroho, di lobi gedung DPRD Kota Batam, Jumat, 15 September 2023. 

Sejumlah mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa se-Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), memutuskan membatalkan aksi unjuk rasa yang sebelumnya diadakan berlangsung pada Jumat, 15 September 2023. Mereka memilih untuk membuka jalan dialog sebagai alternatif.

“Situasi di Batam cukup kondusif, dan setelah berbagai pertimbangan, khususnya soal keamanan, kami memilih untuk tidak melakukan aksi unjuk rasa dan lebih memilih jalan dialog,” ujar Sofian, salah satu Koordinator Lapangan dari Aliansi Mahasiswa se-Kota Batam.

Rencana Awal Aksi Unjuk Rasa

Sebelumnya, Aliansi Mahasiswa telah mengirimkan surat pemberitahuan ke Polresta Barelang tentang rencana aksi unjuk rasa yang akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Lokasi yang ditargetkan adalah area "Selamat Datang di Batam" di Alun-Alun Batam Centre, berlanjut ke Kantor DPRD Kota Batam dan Pemerintah Kota Batam.

Diperkirakan sekitar 500 orang akan ikut serta dalam aksi ini, dengan beberapa koordinator yang bertanggung jawab atas kelancaran acara. Peserta direncanakan akan mengenakan baju hitam dan almamater kampus sebagai simbol.

Tuntutan Aliansi Mahasiswa

Beberapa poin tuntutan utama dari aksi ini adalah:

Mendesak DPRD memberikan jaminan kepastian hukum kepada masyarakat Rempang - Galang.

Mendesak DPRD untuk tidak melakukan tindakan represif terhadap masyarakat Rempang - Galang.

Meminta DPRD secara transparan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Rempang - Galang.

Mendesak Badan Pengusahaan (BP) Batam agar 16 titik Kampung Tua dapat dipertahankan dan mendukung Pembangunan Proyek Strategi Nasional oleh Pemerintah pusat di Kawasan Rempang.

Aliansi Mahasiswa se-Kota Batam berharap agar tuntutan mereka dapat didengar dan direspon oleh pihak yang berwenang. Meskipun aksi ini menunjukkan rasa batal, mereka tetap berkomitmen untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat secara damai dan terjamin.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews